Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Peran Pers Intens Tangkal Isu Hoaks Saat Pandemi

Senin, 13 Sep 2021 - 17:23 WIB
Penulis : Willi Nafie
Peran Pers Intens Tangkal Isu Hoaks Saat Pandemi - inilah.com

Dewan Pers mendorong pers intens mengambil peran dalam menangkal isu hoaks sesuai panduan yang ada di Undang-Undang Pers.

Hal ini disampaikan menyusul adanya rangkuman dari Kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) terkait berbagai isu hoaks yang beredar di media sosial di tengah pemberlakuan PPKM Darurat.

Isu hoaks tersebut di antaranya, seperti Yogyakarta tak dibatasi kegiatan sampai pagi, masyarakat diminta perbanyak pergi ke Masjid di masa PPKM Darurat hingga isu hoaks kecelakaan lalu lintas akibat pemadaman lampu selama PPKM.

“Dalam kode etik jurnalistik disebutkan dalam pasal 5 yaitu tidak menyebarkan berita bohong,” kata Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan, Senin (13/9/2021).

Dewan pers telah bekerjasama dengan Satgas Covid-19 yang melibatkan 3000 wartawan. Dalam program yang disebut jurnalisme perubahan perilaku. Sehingga awak pers tetap memberitakan sesuai dengan konteks dan tak memberitakan yang tak menimbulkan kegaduhan.

Baca juga
BRI Guyur Bantuan PKH Rp11 Triliun per Desember 2021

“Kalau semua instrumen-instrumen sudah jelas, dipastikan tak ada persoalan dalam konten berita itu, jadi dengan demikian publik bisa mengetahui apakah berita itu berita yang hoaks,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

×