Rabu, 07 Desember 2022
13 Jumadil Awwal 1444

Perangi Perubahan Iklim dan Dekarbonisasi, AALI Gandeng Pertamina

Kamis, 01 Sep 2022 - 22:14 WIB
Perangi Perubahan Iklim dan Dekarbonisasi, AALI Gandeng Pertamina
Astra Agro Lestari Kembangkan Dgitalisasi dalam pengelolaan kebun sawit.

Komitmen Astra Agro Lestari dalam menegakkan prinsip sustainability, tak perlu diragukan. Emiten sawit bersandi AALI ini, gandeng Pertamina untuk perangi perubahan iklim dan dekarbonisasi.

Dalam acara G20 Parallel Event di Nusa Dua Bali, Bali, perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra ini melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Pertamina.

“Astra Agro memiliki komitmen untuk mendukung program pencegahan perubahan iklim dan dekarbonisasi Pemerintah Indonesia agar mencapai target pengurangan emisi sesuai dengan Nationally Determined Contribution (NDC) pemerintah Indonesia,” ujar Direktur AALI, M Hadi Sugeng, dikutip Kamis (1/9/2022).

Program sustainability Astra Agro, menurut Hadi, salah satunya adalah berkomitmen untuk mengimplementasikan berbagai upaya untuk pengurangan Emisi Green House Gas (GHG) dalam proses bisnisnya.

Baca juga
Efisiensi Jadi Alasan Pertamina Batal Beli Minyak dari Rusia

Untuk mencapai target dekarbonisasi yang telah ditetapkan, Astra Agro bersama Pertamina berkolaborasi untuk mengembangkan proyek rendah emisi dengan utilisasi limbah kelapa sawit (empty fruit bunch dan palm oil mill effluent).

Proses ramah lingkungan tersebut, dijalankan untuk produksi bioethanol dan biomethane yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti (substitusi) bahan bakar fosil, serta mendukung kemandirian energi nasional

“Kami berharap dengan MoU ini dapat memberikan hasil kajian dan studi yang komprehensif terkait proyek pengembangan Bioethanol dari empty fruit bunch (EFB) kelapa sawit dan Biomethane dari palm oil mill effluent,” kata Hadi.

Hal tersebut, menurutnya, menjadi pondasi potensi kerjasama bisnis dalam pengembangan renewable energy di masa depan yang secara langsung dapat mendukung upaya dekarbonisasi Astra Agro Lestari serta mendukung kemandirian energi nasional.

Tinggalkan Komentar