Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Perbakin Targetkan Raih Emas Maksimal di Ajang Kejuaraan Dunia Menembak 2023

Rabu, 25 Jan 2023 - 20:44 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Joni Konpers - inilah.com
Ketua Umum Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto (tengah) didampingi Ketua Harian Perbakin Brigjen TNI (Purn) Siswanto (kanan) dan atlet petembak Indonesia Fathur Gustafian (kiri) saat memberikan keterangan kepada awal media, di Lapangan Tembak Senayan, Rabu (25/1/2023). (Foto: inilah.com)

Pengurus Besar (PB) Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) dipercaya menggelar kejuaraan dunia menembak (ISSF World Cup) Rifle/Pistol 2023. Sedikitnya 300 atlet dari 32 negara akan meramaikan ajang yang digelar 27 Januari hingga 7 Februari 2023 itu. Bagi atlet petembak Indonesia, kejuaraan kali ini sekaligus menjadi persiapan untuk berlaga di Asian Games 2023 dan kualifikasi Olimpiade Paris 2024 mendatang.

“Kita akan menghadapi banyak ajang besar. Ada Asian Games China 2023 dan kualifikasi Olimpiade di Jakarta, Februari 2024. Ini menjadi kesempatan yang baik. Selain menguji kekuatan juga mematangkan kesiapan menjelang ajang-ajang tadi,” kata Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto kepada awak media, Rabu (25/1/2023).

Baca juga
Indonesia Juara Umum dalam Ajang Olahraga Menembak Internasional

Di ajang level tiga dari Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF) ini, Indonesia  menurunkan atlet terbanyak, yakni 32 petembak, diikuti Korea Selatan (26), Jepang (19), Kazakhstan (15), dan Taiwan (12)

Indonesia akan menurunkan semua atletnya di 20 nomor yang dipertandingkan, yaitu 5 nomor senapan angin 10 meter, 5 nomor pistol angin 10 meter, 5 nomor tiga posisi senapan 50 meter, dan 5 nomor rafid fire/menembak beruntun.

“Targetnya meraih emas sebanyak mungkin. Atlet telah ditempa sepanjang tahun. Dengan hasil menjadi juara umum menembak di dua edisi SEA Games sebelumnya (Filipina 2019 dan Vietnam 2021), serta penampilan bagus di kejuaraan Asia dan dunia tahun 2022 lalu, kami optimis bisa meraih hasil terbaik di sini,” kata Joni.

Baca juga
Indonesia Masters 2023: Tiket VIP OTS Ludes Terjual Tapi Calo Masih Gentayangan
Atlet Berlatih - inilah.com
Atlet petembak Indonesia sedang berlatih menyambut ajang ISSF World Cup Air Rifle/Pistol 2023 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023). (Foto: inilah.com)

Perkenalkan Budaya Indonesia

Joni juga menjelaskan, kesenian dan keindahan budaya Indonesia nantinya juga akan diperkenalkan kepada seluruh peserta dari 32 negara melalui pertunjukan pentas kesenian yang akan ditampilkan dalam balutan acara Gala Dinner ISSF World Cup 2023. Mulai dari pagelaran tarian Nusantara, permainan kesenian angklung, hingga rupa rupa sajian khas Nusantara.

Selain membawa nama baik Indonesia, ajang kali ini juga bertujuan untuk mendukung potensi sport tourism dan mendongkrak perekonomian Indonesia di bidang pariwisata serta menciptakan lapangan kerja baru.

Rencananya gala dinner akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Luciano Rossi selaku International Shooting Sport Federation (ISSF) President, Javaid S Lodhi dan Kiichiro Matsumaru selaku Asian Shooting Confederation (ASC) Vice President.

Tinggalkan Komentar