Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Perbandingan 9 Label Halal di ASEAN, Ainun Najib: Thailand Paling Efektif

Images (86) - inilah.com
Kader NU Ainun Najib (Foto ist)

Kader Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan praktisi teknologi, Ainun Najib memberikan tanggapan terkait label halal yang diterbitkan Kementerian Agama pada Sabtu (12/3/2022). Menurutnya, di ASEAN label halal di Thailand menjadi contoh logo paling efektif untuk memberikan informasi kepastian halal dari suatu produk.

“Sebagai konsumen yang paling efektif itu logo halal Thailand. Dipandang sekilas dan dari jauh pun jelas banget itu logo halal,” dikutip Inilah.com dalam akun Twitternya, @ainunnajib, Minggu (13/3/2022).

Ainun mengungkapkan, dari sembilan logo halal di negara ASEAN yang dibagikan oleh akun Instagram @seasia.co. Hanya label halal Thailand yang tampak dengan jelas tulisan arab dengan bentuk wajik berwarna hijau.

Baca juga
Virus Corona jadi Penyebab Kematian Nomor Tiga di Filipina Sepanjang 2021

Sehingga Ainun menilai dapat memudahkan para konsumen untuk mencari produk halal.

“Buat konsumen, teks حلال dan warna hidjaoe adalah koentji,” ungkapnya menimpali akun @mmaryasir.

Sebelumnya, label halal baru yang diterbitkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) ini disebut mengadopsi bentuk gunungan pada wayang. Label halal Indonesia secara filosofi mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesia-an. Huruf Arab penyusun kata halal yang terdiri atas ha, lam alif, dan lam disusun dalam bentuk menyerupai gunungan pada wayang.

Baca juga
Sosok Ainun Najib, Praktisi Teknologi Dunia yang Diminta Jokowi Pulang ke Kiai NU

Bentuk label halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk gunungan dan motif surjan atau lurik. Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas, ini melambangkan kehidupan manusia,” kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham dikutip dari laman kementerian agama di Jakarta, Sabtu (12/3).

Tinggalkan Komentar