Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Perbanyak Edukasi Kesehatan untuk Masyarakat Cara Cegah Kanker Sejak Dini

Sabtu, 06 Agu 2022 - 17:19 WIB
Cegah Kanker
Dokumentasi Inilah.com/ Mia Umi Kartikawati

Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Aldrin Nellwan Panca Putra, Sp.Ak, MARS, M.Biomed, M.Kes, SH menjelaskan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang kanker.

Cara edukasi yang dia sampaikan adalah pertama dengan melakukan promosi kesehatan supaya masyarakat tahu, mau, dan mampu untuk melakukan penanggulangan kanker.

“Kedua, dengan melakukan suatu perlindungan khusus, misalnya kanker serviks dengan vaksin HPV (human papillomavirus). Terakhir, melakukan deteksi dini dan pengobatan yang sesuai standar,” kata Aldrin di acara Cancer Community Festival 2022 Kalbe OneOnco, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar, setuju dengan penjelasan dr. Aldrin. Linda mengatakan, selama pandemi semakin jarang proses deteksi dini bahkan terapi lain untuk para pejuang kanker. Ia pun mengapresiasi diadakannya CCF 2022 oleh Kalbe OneOnco, sebagai momentum yang bisa mengedukasi masyarakat luas tentang kanker.

“Proses pembangunan suatu bangsa itu tidak mungkin hanya dari pemerintah, tapi juga semua masyarakat harus membantu. Peran komunitas ini sangat strategis sebagai jembatan kepada pemerintah dan untuk mendampingi teman-teman. Juga untuk masyarakat yang sehat-sehat saja, melalui upaya preventif yang dilakukan supaya tidak terjadi kanker stadium lanjut,” papar Linda.

Baca juga
Bea Cukai Berikan Edukasi Kepabeanan Kepada Instansi Pemerintah Lain

Linda menjelaskan, komunitas kanker memiliki peran yang sangat penting, karena mendengarkan langsung masukan dari para penyintas kanker serta masyarakat luas. Selain itu, komunitas kanker juga berusaha membantu pemerintah dengan memberikan informasi, laporan, hingga saran untuk mengeluarkan kebijakan terkait kanker.

Pentingnya peran komunitas kanker di tengah masyarakat menjadi perhatian Kalbe OneOnco dengan mengadakan berbagai aktivitas, mulai dari deteksi dini, edukasi, terapi, hingga pemeriksaan molekular yang berhubungan dengan kanker. Untuk melakukan hal ini, OneOnco menggandeng pihak lain seperti komunitas dan regulator.

“Kami mendorong masyarakat memiliki literasi yang baik terhadap deteksi dini kanker termasuk penanganan pasien kanker. Festival Komunitas Kanker ini merupakan bentuk apreasiasi OneOnco kepada komunitas kanker dan stakeholders atau support system lainnya untuk bisa menjadi teman terdekat pasien kanker, keluarga pasien, termasuk juga masyarakat yang dekat dengan pasien kanker,” papar Leader OneOnco Kalbe, dr. Selvinna M.Biomed.

Baca juga
Sekitar Sembilan dari 10 Anak Indonesia Alami Kekurangan Akses Edukasi dan Nutrisi

Sejumlah komunitas kanker berpartisipasi dalam CCF 2022. Di antaranya, Yayasan Kanker Indonesia, Lovepink, CISC, Yayasan Smartpink Indonesia, Srikandi, Pita Kuning Anak Indonesia, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Love n Healthy, YKPI, dan didukung oleh support system seperti OneOnco, Nutrican, RSK Dharmais, KalGen, KlikDokter, LoveCare, dan lain-lain.

Pada CCF 2022 juga diselenggarakan berbagai diskusi mengenai penanganan kanker dengan banyak tema. Beberapa tema yang dibahas ialah Deteksi Dini Kanker Usus Besar, Deteksi Dini Kanker Payudara,  Deteksi Dini Kanker Prostat, Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Nutrisi bagi Pejuang Kanker, Tes Terkini Seputar Kanker, dan masih banyak lagi tema yang bermanfaat bagi masyarakat dan pasien kanker.

Tinggalkan Komentar