Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Percepat Migrasi Kendaraan Listrik, Uni Eropa Setop Pemakaian Mobil BBM

Kamis, 09 Jun 2022 - 07:54 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Uni Eropa
Pengisi daya elektronik untuk kendaraan Volkswagen (Foto Gettyimages)

Anggota Parlemen Eropa memilih untuk mendukung larangan Uni Eropa terkait mobil berbahan bakar fosil mulai tahun 2035.

Reuters mewartakan, hal ini juga untuk mempercepat peralihan Eropa ke kendaraan listrik (EV).

Pemungutan suara dalam parlemen yang dihelat Rabu (8/6) waktu setempat itu mendukung pilar utama dari rencana Uni Eropa untuk mengurangi emisi sebanyak 55 persen pada tahun 2030, dari tingkat tahun 1990.

Anggota parlemen mendukung proposal yang dibuat oleh Komisi Eropa tahun lalu, untuk meminta pengurangan 100 persen emisi CO2 dari mobil baru pada tahun 2035, yang akan menjadikan para pabrikan otomotif untuk tidak mungkin menjual kendaraan berbahan bakar fosil di Uni Eropa mulai tanggal tersebut.

Baca juga
LG Masuki Bisnis Pengisian Daya Kendaraan Listrik

​​​Ada pun upaya oleh beberapa anggota parlemen untuk melemahkan target pengurangan CO2 sebanyak 90 persen pada tahun 2035 ditolak.

Undang-undang itu belum final. Pemungutan suara juga menegaskan posisi parlemen untuk negosiasi mendatang dengan negara-negara Uni Eropa mengenai finalisasi UU itu.

Tujuannya adalah untuk mempercepat peralihan Eropa ke kendaraan listrik dan mendorong pembuat mobil untuk berinvestasi besar-besaran dalam elektrifikasi, dibantu oleh UU Uni Eropa lainnya yang akan mewajibkan negara-negara untuk memasang jutaan pengisi daya kendaraan.

“Membeli dan mengendarai mobil tanpa emisi akan menjadi lebih murah bagi konsumen,” kata Jan Huitema, ketua perunding parlemen mengenai kebijakan tersebut.

Pembuat mobil termasuk Ford dan Volvo secara terbuka mendukung rencana UE untuk menghentikan penjualan mobil bermesin bakar pada tahun 2035, sementara yang lain, termasuk Volkswagen, bertujuan untuk berhenti menjual mobil bermesin bakar di Eropa pada tahun tersebut.

Baca juga
Diminta Uni Eropa Tekan Rusia, Moeldoko Sebut Indonesia Netral

Namun, email yang dilihat oleh Reuters menunjukkan kelompok industri termasuk asosiasi mobil Jerman VDA melobi anggota parlemen untuk menolak target 2035, yang menurut mereka aturan terkait bahan bakar alternatif rendah karbon dan terlalu dini untuk EV, mengingat peluncuran infrastruktur pengisian daya yang tidak pasti.

“Posisi kami transparan. Ini adalah misi kami untuk mengembangkan solusi terbaik dengan semua orang yang terlibat,” kata juru bicara VDA.

Mobil listrik dan kendaraan hibrida plug-in merupakan 18 persen dari mobil penumpang baru yang dijual di Uni Eropa tahun lalu, meskipun penjualan mobil secara keseluruhan turun di tahun ini di tengah kekurangan semikonduktor, menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Baca juga
Foto: Diskusi Peringatan Hari HAM Internasional

Transportasi menghasilkan seperempat dari emisi pemanasan planet Eropa, dan gas rumah kaca dari sektor ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Tinggalkan Komentar