Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Periksa Mantan Ketum PPP Romahurmuziy, KPK Dalami Pengurusan DAK 2018

Selasa, 22 Mar 2022 - 19:23 WIB
Periksa Mantan Ketum PPP Romahurmuziy, KPK Dalami Pengurusan DAK 2018
Mantan Ketum PPP Romahurmuziy, Diperiksa KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan pertemuan antara mantan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy dengan beberapa pihak terkait pengurusan DAK dan dana insentif daerah (DID) 2018.

Hari ini, Romi menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengurusan dana alokasi khusus (DAK) 2018. “Antara lain terkait dengan dugaan adanya pertemuan saksi dengan beberapa pihak dalam pengurusan dana DAK dan DID tahun 2018 dan diduga ada kesepakatan tertentu dalam pengurusan dengan pihak yang terkait dengan perkara ini,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (22/3/2022).

Usai menjalani pemeriksaan selama 1,5 jam, Romi tak memberikan komentar apapun dan langsung pergi meninggalkan KPK. Sebelumnya KPK mengembangkan kasus korupsi pengurusan Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2018. KPK pun telah menetapkan tersangka.

Namun, KPK belum mau mengungkap identitas pihak-pihak yang mesti mempertanggungjawabkan perbuatannya atas perkara tersebut. Penyidikan kasus itu merupakan pengembangan pengurusan DAK dengan terpidana mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Yaya Purnomo.

Baca juga
KPK: Mardani H Maming Tak Kooperatif, Pelindungnya Terancam Bui 12 Tahun

Yaya Purnomo mendapat vonis 6,5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair 1 bulan dan 15 hari kurungan. Ia terbukti menerima suap dan gratifikasi dalam pengurusan DAK dan dana insentif daerah (DID) di beberapa kabupaten/kota.

Tinggalkan Komentar