Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Peringati Hari AIDS 1 Desember, Kenali Penularan dan Pencegahan Agar Tidak Terinfeksi

Rabu, 01 Des 2021 - 07:35 WIB
Hiv Aids - inilah.com
istimewa

Pada 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Lantas bagaimana AIDS itu bisa terjadi di dalam tubuh?

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah kondisi kronis yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV).

Dengan merusak sistem kekebalan Anda, HIV mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan penyakit.

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.org, Rabu, (01/12/2021). HIV adalah infeksi menular seksual (IMS).

Ini juga dapat menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi atau dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui.

Tanpa pengobatan, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum HIV melemahkan sistem kekebalan Anda hingga Anda mengidap AIDS.

Tidak ada obat untuk HIV/AIDS, tetapi obat-obatan dapat secara dramatis memperlambat perkembangan penyakit. Obat-obatan ini telah mengurangi kematian akibat AIDS di banyak negara maju.

Baca juga
Tak Hanya Lansia, 1 dari 5 Penderita Nyeri Kronis di Bawah Usia 30 Tahun

Bagaimana HIV dapat menyebar

Untuk terinfeksi HIV, darah yang terinfeksi, air mani atau cairan vagina harus masuk ke dalam tubuh Anda. Ini dapat terjadi dalam beberapa cara:

1. Dengan berhubungan seks. Anda mungkin terinfeksi jika melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan pasangan yang terinfeksi yang darah, air mani, atau cairan vaginanya masuk ke dalam tubuh Anda. Virus ini bisa masuk ke tubuh Anda melalui sariawan atau robekan kecil yang terkadang berkembang di rektum atau vagina saat melakukan aktivitas seksual.

2. Dengan berbagi jarum. Berbagi perlengkapan obat IV yang terkontaminasi (jarum dan alat suntik) menempatkan Anda pada risiko tinggi HIV dan penyakit menular lainnya, seperti hepatitis.

3. Dari transfusi darah. Dalam beberapa kasus, virus dapat ditularkan melalui transfusi darah. Rumah sakit dan bank darah Amerika sekarang menyaring suplai darah untuk antibodi HIV, jadi risiko ini sangat kecil.

Baca juga
Waktu yang Tepat untuk Khitan Anak

4. Selama kehamilan atau persalinan atau melalui menyusui. Ibu yang terinfeksi dapat menularkan virus ke bayinya. Ibu yang HIV-positif dan mendapatkan pengobatan untuk infeksi selama kehamilan dapat secara signifikan menurunkan risiko pada bayi mereka.

Bagaimana HIV tidak menyebar

Anda tidak dapat terinfeksi HIV melalui kontak biasa. Itu berarti Anda tidak dapat tertular HIV atau AIDS dengan berpelukan, berciuman, menari atau berjabat tangan dengan seseorang yang terinfeksi. HIV tidak menyebar melalui udara, air atau gigitan serangga.

Faktor risiko

Siapapun dari segala usia, ras, jenis kelamin atau orientasi seksual dapat terinfeksi HIV/AIDS. Namun, Anda berisiko paling besar terkena HIV/AIDS jika Anda:

1. Melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Gunakan kondom lateks atau poliuretan baru setiap kali berhubungan seks. Seks anal lebih berisiko daripada seks vaginal. Risiko HIV Anda meningkat jika Anda memiliki banyak pasangan seksual.

Baca juga
Turki Alami Kasus Pertama Cacar Monyet

2. Luka terbuka pada alat kelamin Anda. Luka ini berperan sebagai pintu masuknya HIV ke dalam tubuh Anda.

3. Gunakan obat IV. Orang yang menggunakan obat IV (intravena adalah metode pemberian obat melalui injeksi atau infus melalui intravena) sering berbagi jarum suntik. Ini membuat mereka terkena tetesan darah orang lain.

Tinggalkan Komentar