Kamis, 08 Desember 2022
14 Jumadil Awwal 1444

Peringati Hari Jantung Sedunia, Gubernur Khofifah Gowes Bareng Dokter Se-Jatim

Minggu, 25 Sep 2022 - 20:16 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Peringati Hari Jantung Sedunia, Gubernur Khofifah Gowes Bareng Dokter
Peringati Hari Jantung Sedunia, Gubernur Khofifah Gowes Bareng Dokter

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gowes bareng para dokter jantung di Jawa Timur dan ribuan masyarakat dalam kegiatan Indonesia Heart Bike (IHB) 2022, Minggu (25/9/2022).

Kegiatan gowes ini merupakan rangkaian Hari Jantung Dunia serta dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-50 (Emas) Ikatan Alumni (IKA) Unair.

Mengambil start dari Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim) Adhy Karyono, Wakil Sekjen YJI Pusat Novi Ariwibowo dan segenap kepala OPD serta masyarakat bersepeda dengan menempuh rute sekitar 10 km.

“Saya  menyambut positif diselenggarakannya acara ini. Sinergi dan kolaborasi yang sangat baik untuk bersama-sama mencegah penyakit jantung, sekaligus menyosialisasikan hidup sehat,” sambut Khofifah.

Baca juga
Pemuda Muhammadiyah Jatim Dukung Khofifah Maju Pilpres 2024

“Saya rasa ini bagian yang berseiring bagaimana kita senam kesegaran dan kesehatan  jasmani, ya segar ya sehat,” sambungnya.

Terkait peringatan Hari Jantung Sedunia, Khofifah mengatakan, cara paling ideal untuk merefleksikan tentang masalah penyakit jantung yaitu dengan berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Dimulai dari pembuat kebijakan dan profesional kesehatan hingga seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat.

“Jadi, untuk merayakan Hari Jantung Sedunia dengan rutin melakukan skrining kesehatan jantung dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Wakil Sekjen YJI Pusat Novi Ariwibowo menyampaikan peringatan hari jantung dunia tahun ini bertajuk Indonesia Heart Bike 2022 yang berprinsip kolaboratif. Ia menyebut olahraga dan kesehatan adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan.

Baca juga
Mengenal Al Rihla, Mahakarya Madiun untuk Piala Dunia Qatar 2022

IHB 2022 sendiri diselenggarakan juga sejalan dengan visi dan misi YJI yaitu sebagai pelopor gaya hidup sehat.”Olah raga adalah cara terbaik yang manfaatnya tidak hanya mencegah penyakit jantung juga mampu mencegah beberapa resiko,” ucapnya.

Di sisi lain, Plt Rektor Unair Prof Bambang Sektiari mengatakan IHB 2022 menyampaikan terima kasih telah melibatkan Unair khususnya IKA Unair dalam rangka peringatan Hari Jantung Dunia. Ia memastikan para alumni Unair yang ada di berbagai daerah dan di luar negeri juga mengikuti acara ini secara virtual.

“Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Jawa Timur. Dan harapan kita bersama masyarakat Jawa Timur yang segera bangkit lebih kuat,” ucap Prof Bambang Sektiari.

Tinggalkan Komentar