Peringkat FIFA Timnas Indonesia Terus Merosot, PSSI Mesti Berbenah

Peringkat FIFA Timnas Indonesia Terus Merosot, PSSI Mesti Berbenah - inilah.com
(foto:PSSI)

Prestasi tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia kembali merosot dalam peringkat 175 FIFA, berdasarkan rilis data terkini, dikutip dari laman FIFA.

Posisi tersebut lebih buruk dari peringkat skuad berjuluk Garuda per 12 Agustus 2021 yaitu di 174. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia hanya lebih baik daripada Kamboja (178), Laos (186), Brunei Darussalam (190) dan Timor Leste (194). Sementara negara ASEAN dengan peringkat FIFA tertinggi yaitu Vietnam yang bertengger di urutan ke-95.

Di bawah Vietnam ada Thailand (122), Filipina (125), Myanmar (146), Malaysia (154) dan Singapura (160).

Penurunan peringkat FIFA terbaru ini salah satunya disebabkan pasukan Garuda mengalami sejumlah kegagalan dalam fase grup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Baca juga  Motor Supersport Aprilia Rilis di Indonesia, Calon Rival Kawasaki Ninja ZX-6R

Indonesia tak berdaya ketika berduel dengan tiga tim nasional rival di Asia tenggara. Tim Garuda tumbang 2-3 dan 0-2 dari Malaysia, kemudian dipermalukan 1-3 dan 0-4 oleh Vietnam. Satu-satunya poin yang didapatkan Indonesia berkat menahan imbang Thailand 2-2 pada laga keenam, 3 Juni lalu.

Seharusnya Indonesia bisa memetik hasil lebih baik karena sudah terbiasa menghadapi tiga lawan dari satu kawasan itu.

Hasil lebih buruk bahkan dialami dalam dua duel menghadapi UEA. Indonesia dua kali dibantai dengan skor serupa, 0-5.

Hasil buruk di kualifikasi Piala Dunia 2022 memang tidak bisa dihindari oleh Pelatih Indonesia Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korsel itu baru diresmikan sebagai pelatih Indonesia pada Desember 2019 ketika Garuda telah menjalani lima laga dengan kekalahan.

Baca juga  Wonderkid Asal Pontianak Ini Siap Gabung Klub Spanyol, Batu Loncatan Menuju Madrid

Atas dasar itu, Shin tidak mematok target muluk. Bagi dia, tiga laga tersisa di kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah kesempatan emas bagi generasi baru timnas Indonesia untuk merasakan atmosfer laga internasional di level senior. Shin pun memilih 23 pemain dengan rata-rata usia 22,25 tahun yang menjadi skuad termuda Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di ajang internasional.

”Saya tidak terlalu melihat hasil karena kami ingin menyempurnakan cara bermain kami sehingga wajar kalau ada kesalahan-kesalahan yang tercipta. Apabila konsisten menjalankan proses pembentukan tim yang tengah berjalan, saya optimistis bisa meraih prestasi dalam lima tahun hingga sepuluh tahun mendatang,” ujar Shin seperti dikutip media Korsel, Chosunilbo.

Baca juga  Penampilan Perdana Keanu Reeves di Film The Matrix: Resurrections

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta tim pelatih skuad Garuda untuk melakukan evaluasi atas hasil di tiga laga kualifikasi Piala Dunia di Dubai. Ia pun berharap Indonesia bisa meraih hasil lebih baik dalam laga internasional selanjutnya. Terdekat Indonesia akan menjalani Piala AFF yang berlangsung 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Di level umur, ”Garuda Muda” akan tampil di SEA Games 2021 di Vietnam yang akan dimulai pada pertengahan November mendatang.

Sementara lawan terdekat timnas Indonesia di babak “play-off” Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021, Taiwan, berada di posisi ke-151.

Jika mampu menundukkan Taiwan dan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia kemugkinan berpotensi memperbaiki kedudukannya di peringkat FIFA.

Tinggalkan Komentar