Perjalanan Domestik Selamatkan Industri Pariwisata 2021

Pariwisata Domestik - inilah.com
istimewa

Perjalanan domestik menyelamatkan industri pariwisata sepanjang tahun 2021. Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedi mengatakan perjalanan dalam negeri (domestik) menjadi andalan dan tren berwisata selama tahun 2021.

Menurut Didien, hal ini turut didorong dengan pemerintah yang fokus kepada pengembangan kualitas destinasi wisata, alih-alih kuantitas destinasi.

Ia mencontohkan sejumlah perhelatan internasional yang diadakan di sejumlah tempat seperti Bali hingga Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

“Ribuan orang masuk lewat berbagai acara seperti World Superbike di Mandalika, lalu G20 di Bali. Ini adalah contoh pengembangan pariwisata Indonesia yang mulai membaik. Seiring dengan itu, banyak pula desa-desa wisata di sekitarnya yang juga dikembangkan, dan menjadi tempat yang safe karena tidak berkerumunan,” katanya ditulis di Jakarta, Sabtu, (11/12/2021).

Baca juga  Menko Luhut Perpanjang PPKM Jawa-Bali, Kasus Harian Nasional Tinggal 18 Ribu

Lebih lanjut, Didien mengatakan pariwisata domestik adalah salah satu kunci bangkitnya industri tersebut di Indonesia, serta mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Yang bisa menyelamatkan pariwisata Indonesia adalah pariwisata domestik, mengingat yang ditawarkan sudah lebih banyak sekarang ini,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar