Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Perkuat Fondasi Literasi Siswa Melalui Library Tour

Kamis, 30 Jun 2022 - 21:55 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
WOM Finance Ajak Puluhan Siswa Library Tour
WOM Finance Ajak Puluhan Siswa Library Tour (Foto ist)

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang mampu memperluas wawasan tentang dunia luar, berbagai informasi tak jarang diperoleh dengan cara membaca koran, buku dan lainnya. Sebagai upaya mendukung budaya minat baca pada siswa sekolah, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“WOM Finance”) mengelar kegiatan yang melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 55 Jakarta.

Pada Kamis (30/6), puluhan siswa dari SMPN 55 Jakarta melakukan library tour ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat dengan didampingi oleh beberapa guru. Selama di Perpustakaan Nasional RI ini siswa melakukan beberapa kegiatan, diantaranya berkeliling perpustakaan, menonton film edukasi bersama dan bermain permainan dengan dibagi beberapa kelompok.

Cincin Lisa Hadi, Direktur WOM Finance mengatakan bahwa kegiatan library tour dengan mengajak siswa-siswi SMPN 55 Jakarta ini juga merupakan kampanye membaca dan dukungan terhadap program pemerintah untuk menggalakkan budaya membaca di masyarakat, terutama usia anak sekolah.

Baca juga
Dampingi dan Beri Dukungan Terbaik kepada Perempuan Pengidap Kanker

Ia pun berharap anak-anak usia sekolah pada umumnya dan siswa SMPN 55 Jakarta memiliki kemampuan literasi yang baik. Untuk itu, penguatan literasi terus dilakukan melalui pengenalan media baca konvensional maupun digital. Dengan adanya kegiatan library tour ini, WOM Finance mengajak semua masyarakat untuk kembali ke perpustakaan. Sebab, perpustakaan adalah tempat untuk mengenal berbagai ilmu pengetahuan dan mendokumentasikan pengetahuan sesuai dengan zamannya.

“Oleh karena itu, kami mengajak anak-anak usia sekolah supaya lebih kenal, lebih tahu, lebih dekat dengan fungsi perpustakaan itu sendiri di zaman sekarang. Dulu kita berpikir, mungkin perpustakaan itu hanya tumpukan buku-buku saja, tapi sekarang tidak, lebih luas untuk dapat dimanfaatkan oleh anak-anak zaman sekarang,” pungkasnya.

Baca juga
Foto: Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta

Sementara itu, Kepala SMPN 55 Jakarta, Leonora Fitri Agustina Hutabarat, M.Pd mengatakan kegiatan dengan konsep library tour ini untuk mendukung program pemerintah, sejalan dengan semangat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar pelajar mempunyai kemampuan literasi serta numerasi yang baik untuk diaplikasikan ke kehidupan mereka masing-masing.

“Sekarang ini program pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat sangat beragam, dimulai dari sekolah dimana budaya literasi mulai ditanamkan, fasilitas buku murah serta pembangunan perpustakaan. Hal ini diharapkan dapat menaikkan kompetensi membaca siswa Indonesia di kemudian hari dan tidak kalah dibandingkan negara lain,” tutup Cincin.

Tinggalkan Komentar