Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Perluas Kerja Sama Keumatan, ASFA Foundation Lakukan Tur Keliling Dunia 

Minggu, 22 Jan 2023 - 23:24 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Sjafruddin - inilah.com
Ketua ASFA Foundation Dr H Syafruddin, MSi (kanan) disambut oleh Syaikh Dr Nadir Al-Aqod, Imam Besar Masjid Raya Roma pada kunjungannya ke Roma, Italia, Minggu (22/1/2023). (Foto: Humas ASFA Foundation)

Dalam upaya memperluas jalinan kerja sama dengan lembaga-lembaga keislaman di manca negara, Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA Foundation) melakukan tur keliling dunia.

Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (P) Dr  H Syafruddin Kambo MSi, Minggu (22/1/2023) memulai lawatannya dengan mengunjungi Markas Islam/Masjid Raya di Roma, Italia.

Haji Syafruddin disambut oleh Syaikh Dr Nadir Al-Aqod, Imam Besar Masjid Raya Roma, ulama dari Al-Azhar Mesir.

Selain Roma, delegasi akan berkunjung ke Zurich, Frankfurt, Amsterdam, Paris, Istambul, Cairo, Makkah dan Abu Dhabi. Kunjungan dalam rangka mempererat, menjalin dan meningkatkan berbagai kerja sama keumatan dengan lembaga dan foundation di luar negeri.

Syaikh Nadir Al-Aqod mengapresiasi inisiatif kerja sama dengan berbagai lembaga keislaman di dunia.

Dia menyatakan, bahwa bangsa Indonesia dikenal dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, yang mampu menjaga nilai-nilai keislaman, dan memiliki pandangan tentang perdamaian dan toleransi yang sangat baik.

“Kerja sama dan sinergi antartokoh dan lembaga ini sangat penting dilakukan, khususnya dalam bidang pendidikan, kemanusiaan dan perdamaian,” jelas Syaikh Nadir.

Sementara Syafruddin menjelaskan, ASFA Foundation didedikasikan untuk kemanusian dan perdamaian dunia, mendorong pertumbuhan dan percepatan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam program percepatan SDM, ASFA Foundation saat ini telah memberikan beasiswa atau bantuan dana pendidikan bagi santri, siswa, mahasiswa tingkat S1, S2 dan S3 di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Haji Syafruddin didampingi Wakil Ketua Umum DMI Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe, Wasekjen DMI/Wakil Ketua Lazis ASFA KH Anizar Masyhadi, SS, Direktur Program DMI H Buyung Wijaya SE, Pengurus ASFA Foundation dr Fajar Amansyah, Bendahara Lazis ASFA Pangeran Arsyad, L.c, Tomi Lebang dan delegasi lainnya.

Di Roma, selain kunjungan ke Markas Islam/Masjid Raya, Haji Syafruddin juga berkunjung ke Vatikan dan mengunjungi collosium.

Markas Islam/Masjid Raya Roma dibangun pada tahun 1995 dibiayai oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz. Ikut serta dalam pembangunannya beberapa negara antara lain, Indonesia, Emirat Arab, Turki, Kuwait, Bahrain, Brunei Darussalam, Malaysia, Oman, Qatar, Maroko, Sudan, dan Yaman.

Tinggalkan Komentar