Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Perombakan Menteri dan Wamen Melalui Pertimbangan Matang

Rabu, 15 Jun 2022 - 15:37 WIB
Kabinet1 - inilah.com
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua dari kiri) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto (ketiga dari kanan) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Foto: Antara

Perombakan atau reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Rabu (15/6/2022), meliputi dua menteri dan tiga wakil menteri, sudah melalui pertimbangan yang matang.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, reshuffle kabinet bukan hal yang tiba-tiba. “Dengan pemikiran yang sudah cukup matang dan diskusi yang panjang,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Jakarta, Rabu.

Pramono menyebut Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri. “Ini dilakukan kenapa pada sekarang? Karena momentumnya dihitung paling pas saat ini,” ujarnya.

Ia berharap kehadiran menteri dan wakil menteri baru akan memperkuat kabinet yang ada.  Secara keseluruhan, menurut dia, sebenarnya dengan pengalaman Presiden yang sudah dua periode, sudah 8 tahun, Presiden cukup memahami persoalan yang ada, termasuk urusan minyak curah, urusan pangan, dan urusan energi.

Baca juga
Hujan Ekstrem Paksa Tunda Race 1 WSBK Mandalika

Menurut Pramono, hal itu yang menjadi prioritas. “Maka, untuk itu kenapa kemudian ada penyegaran dalam tubuh kabinet,” sambung dia.

Lebih lauh dia mengatakan bahwa perombakan kabinet untuk membuat kerja kabinet lebih lincah. Apalagi, persoalan pangan dan inflasi saat ini juga telah menjadi persoalan dunia sehingga perombakan diperlukan.

Presiden Jokowi hari ini melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru di Istana Negara. Dua menteri yang dilantik adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag)  menggantikan M Lutfi. Sementara Hadi Tjahjanto menempati kursi Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Rabu, 27 April 2022

Selain dua menteri, Jokowi turut melantik tiga wamen baru, yaitu politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni (44) sebagai Wamen Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor (50) sebagai Wamen Ketenagakerjaan, serta mantan Wamen Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo (49) sebagai Wamendagri.

 

Tinggalkan Komentar