Persaingan Kacamata Pintar Facebook vs Xiaomi, Canggih Mana?

Persaingan Kacamata Pintar Facebook vs Xiaomi, Canggih Mana? - inilah.com
(ist)

Memasuki era digital, kacamata pintar (smart glasses) yang ringan dan nyaman dengan andal mendukung pekerjaan dan membuat kehidupan lebih efisien dalam menjalankan pekerjaannya akan semakin terwujud.

Terlepas dari tantangan kacamata pintar yang dihadapi, dalam beberapa tahun terakhir kita telah melihat peningkatan investasi dalam teknologi kacamata pintar, dengan sejumlah akuisisi profil tinggi dan investasi langsung oleh perusahaan besar di pabrik dan perusahaan baru.

Terbaru datang dari Facebook dan Xiaomi yang mengenalkan seperangkan kacamata pintar.  Keduanya memiliki sejumlah fitur yang memang ditujukan untuk kebutuhan masa kini seperti video streaming dan menampilkan informasi yang pentig saat dibutuhkan.

Baca juga  Pengamat Sebut Metaverse Masih Rawan Kebocoran Data Pribadi

Kacamata facebook bernama Ray-Ban Stories hadir dengan fungsi utama pengguna dapat mengambil foto dan video hingga 30 detik. Dengan perintah suara atau dengan menekan tombol di sisi kanan kacamata. Facebook juga menghadirkan aplikasi Facebook View yang saat ini sudah tersedia di iOS dan Android. Aplikasi itu memudahkan pengguna untuk mengirim konten yang diambil Ray-Ban Stories ke ponsel.

Berkat Facebook View pengguna bisa mengunggah gambar serta video yang diambil ke Facebook, Instagram, WhatsApp, Messenger, Twitter, TikTok, Snapchat, dan lainnya.

Bagaimana dengan Xiaomi?. Dalam keterangan yang diterima INILAHCOM, Kacamata Xiaomi dapat menampilkan pesan dan alarm smart home yang terhubung. Menggunakan mikrofon dan speaker yang disusun lewat teknologi beamforming, kedua belah pihak bisa mendengar suara lawan bicara dengan jelas.

Baca juga  Kominfo Temukan 1.991 Isu Hoaks Terkait COVID-19

Xiaomi Smart Glasses bisa menampilkan peta tepat di depan pengguna secara langsung sehingga perhatian tetap tidak teralihkan dari jalan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Kamera 5MP yang ada di depan kacamata bisa digunakan untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung, sebuah fitur yang memudahkan pengguna saat bepergian ke tempat asing.

Adapun fitur lain yang dipasang ke dalam kacamata adalah prosesor ARM quad-core, baterai, touch pad, modul Wi-Fi/Bluetooth, sistem operasi Android, dan lain-lain.

Saat ini, kedua kacamata pintar dari Xiaomi dan Facebook baru meluncur di negara asalnya. Belum ada informasi apakah perangkat ini juga hadir di Indonesia atau tidak.

Baca juga  Facebook Ganti Nama, Perusahaan Kanada Ini Kecipratan Rejeki

Tinggalkan Komentar