Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Persiapan Tim Suzuki Ecstar Hadapi Musim Baru MotoGP 2022

Suzuki Ecstar 2022
(foto: www.suzuki-racing.com)

Jelang dimulainya musim baru MotoGP, Tim Suzuki Ecstar dengan duo pembalap andalan mereka, Joan Mir dan Alex Rins, mulai melakukan persiapan ketat untuk menghadapi musim 2022 ini.

Untuk motor balap GSX-RR dengan tampilan anyar yang akan digunakan bertanding nanti, Suzuki tidak hanya meningkatkan performa pada tampilan luar saja namun juga pada sektor di balik fairing. Menyambut musim baru ini, seluruh Tim Suzuki Ecstar sangat termotivasi dan bersemangat untuk meraih prestasi dengan meningkatkan performa tim.

Musim 2021 lalu dirasa memiliki beberapa tantangan yang sulit, tetapi dengan upaya yang maksimal, Tim Suzuki Ecstar berhasil menutup tahun lalu dengan prestasi di tiga teratas yang diraih oleh Mir. Sedangkan di musim baru ini, tujuan Tim Suzuki Ecstar lebih sederhana, yaitu untuk mendapatkan podium, hadiah, dan meningkatkan poin para pebalap.

Mir dan Rins akan mejajal GSX-RR baru pada sesi tes di Sirkuit Sepang mendatang, dan keduanya sangat yakin akan performa dikarenakan motor balap yang digunakan kini menyajikan perubahan yang lebih lengkap dengan daya saing dan performa yang lebih baik.

Kedua pebalap asal Spanyol itu telah melalui masa libur balap dengan menyeimbangkan antara waktu istirahat serta latihan keras.

Setelah Mir berhasil meraih podium ke-3 di kejuaraan tahun lalu, tujuannya untuk 2022 ini semakin jelas, yaitu berjuang maksimal untuk menduduki posisi teratas. Rins bertujuan untuk lebih konsisten pada kecepatannya, performanya yang bertenaga juga sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga
Bukan Pawang Hujan, Sandiaga Pilih Modifikasi Cuaca untuk MotoGP

Suzuki Ecstar 2022

Suzuki GSX-RR untuk musim balap 2022 tampil dengan warna baru, dengan penambahan aksen hitam yang berpadu dengan warna sebelumnya yaitu biru dan perak. Logo pada motor, pakaian, dan truk tim pun turut diperbarui dengan mengkombinasikan gaya retro dan modern ala Suzuki.

Untuk musim 2022 ini, Suzuki menggunakan tagar dan slogan baru yaitu #GearingUp. Frasa baru ini dirancang untuk menginspirasi para penggemar untuk turut mempersiapkan diri dalam musim 2022 dan juga untuk menunjukkan semangat tim dalam mencapai tujuan dengan meningkatkan kinerja sehingga hasilnya dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tes pramusim berlangsung pada 5-6 Februari 2022 ini di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, diikuti oleh kunjungan perdana selama tiga hari di Sirkuit Mandalika di Lombok, Indonesia pada 11-13 Februari 2022. Sedangkan musim MotoGP 2022 sendiri akan dimulai dengan balapan pertama di Qatar pada 6 Maret 2022.

Musim 2022 akan menjadi tantangan yang cukup berat karena dunia masih berkutat dengan adanya pandemi COVID-19. Sementara itu, para peserta juga akan menghadapi kejuaraan terpanjang yang pernah ada dengan 21 balapan dalam kalender dan debut di beberapa sirkuit baru seperti Indonesia dan Finlandia.

Suzuki Ecstar 2022

“Saya meluangkan waktu selama musim dingin untuk bersantai dan beristirahat setelah musim 2021 yang sulit. Saya senang berhasil meraih podium ke-3 di kejuaraan tahun lalu, tetapi tahun ini saya termotivasi untuk mencapai tujuan yang lebih baik lagi, dan cukup penting untuk mengatur ulang strategi sehingga saya bisa fokus 100 persen untuk memaksimalkan performa saya. Latihan pramusim saya berjalan dengan baik, saya merasa fit dan siap untuk bertanding,” kata Mir.

Baca juga
Tekuk Skuad 'Pincang' Persikabo, Bali United Panaskan Klasemen Liga 1

Pertandingan Moto GP akan dimulai dalam waktu sekitar satu bulan lagi, Mir pun mengaku tidak sabar untuk kembali bertanding menggunakan motor terbaru Suzuki.

“Tes yang berlangsung pada akhir tahun lalu menunjukkan peningkatan kinerja saya yang cukup baik, jadi sekarang saatnya untuk menunjukkan performa baru dan meraih posisi lebih baik lagi di depan,” imbuhnya.

Sementara Rins menyebut bahwa motor balap Suzuki GSX-RR baru terlihat luar biasa, dan juga berkinerja dengan sangat baik. Ia pun merasa sangat senang dan bersemangat mendekati awal musim baru tahun ini.

“Selama istirahat, saya telah melakukan banyak latihan, tidak hanya di gym tetapi juga menggunakan sepeda motor GSX-R1000R saya. Namun, tidak ada yang sebanding dengan motor balap yang kami gunakan di sirkuit nantinya. Sangat menyenangkan untuk dapat kembali bekerja sama dengan tim, kami semua fokus pada tujuan yang sama dan saya percaya pada mereka, kami semua telah menunjukkan bahwa kami siap untuk mencapai hal-hal besar di musim ini. Hari-hari tes akan menjadi penting, tetapi kami tidak sabar menunggu balapan pertama di Qatar,” ujarnya.

Baca juga
Beban Erik ten Hag Mengembalikan Rupa Manchester United

Adapun Team Suzuki Ecstar Project Leader and Team Director Shinichi Sahara mengatakan, di luar musim, persiapan yang dilakukan cukup sibuk dengan memaksimalkan kerja keras tim, baik di Eropa maupun di Jepang. Menurutnya, semua orang telah melakukan upaya maksimal untuk mempersiapkan musim baru dimana Team Suzuki Ecstar berharap untuk menjadi lebih kompetitif.

“Kami memiliki banyak kepercayaan pada proyek kami, pada dua pebalap kami, dan kami ingin menghasilkan yang terbaik, tak hanya dalam pengujian tetapi juga balapan di sirkuit nanti. Suzuki GSX-RR kami terlihat mengesankan dan dengan dukungan dari sponsor utama, penggemar, dan anggota tim kami, kami ingin menempatkannya di posisi teratas,” ucapnya.

“Selama tes terakhir di Jerez, kami melihat potensi besar dengan adanya komponen baru serta respon dari pembalap penguji kami, Sylvain Guintoli, serta kedua pebalap, Joan Mir dan Alex Rins, yang cukup positif. Karena itu, kami memulai liburan musim dingin dengan suasana yang menyenangkan dan semangat yang membara. Mari kita lihat apa yang bisa kami tunjukkan di musim baru yang menarik ini,” tutup Sahara.

 

Tinggalkan Komentar