Senin, 05 Desember 2022
11 Jumadil Awwal 1444

Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Kamis, 08 Sep 2022 - 15:12 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Masuk MURI, Pemeliharaan Kilang Balongan Serap 15 Ribu Pekerja
Kilang Balongan (Foto: inilah.com)

PT Pertamina masih melakukan investigasi penyebab kebakaran tangki 107 yang berada di Integrated Terminal Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Rabu (7/9) malam.  Pertamina menjamin, semua pasokan BBM yang berasal dari Balongan, berjalan seperti biasa, dan tidak ada gangguan setelah terjadi kebakaran di salah satu tangki.

“Penyebab kebakaran (di PV Valve Tangki 107 Integrated Terminal Balongan), masih dalam investigasi,” kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022)

Eko menjelaskan, kebakaran di tangki 107 yang berada di Integrated Terminal Balongan, terjadi pada Rabu (7/9) malam sekitar jam 23.40 WIB.
Sekitar jam 01.03 WIB api berhasil dipadamkan, dengan upaya dari tim yang berada di lapangan.

Baca juga
Lesti Kejora Dibela Tsamara Amany Usai Polisikan Rizky Billar: Lawan Orang Toxic

Menurutnya, upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran dan sarana fasilitas pemadaman yang tersedia di lokasi. Sementara untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan alat penyiraman yang tersedia untuk mencegah merambatnya kebakaran. “Api padam pada pukul 01.03 WIB dan dilanjuti dengan pendinginan pada tangki terdekat,” tutur Eko.

Eko memastikan insiden kebakaran yang terjadi tidak di tangki 107 Integrated Terminal Balongan tidak menimbulkan korban, baik luka maupun korban jiwa. “Kami pastikan tidak ada korban atas insiden tersebut. Dan dapat dipastikan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh tim,” katanya.

Baca juga
Heboh Karantina di Rumah Dhani-Mulan Jameela, Pemerintah Ciptakan Aturan Diskriminatif

Pertamina  juga memastikan pasokan BBM yang berada di Integrated Terminal Balongan, berjalan normal.

“Kondisi aman terkendali dan operasional penyaluran BBM di Integrated Terminal Balongan berjalan normal,” kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Kamis.

Menurutnya, pada Kamis (8/9) pagi semua pasokan BBM yang berasal dari Integrated Terminal Balongan, berjalan seperti biasanya, dan tidak ada gangguan setelah terjadi kebakaran di salah satu tangki.

Ia menjelaskan dengan normalnya pasokan BBM dari Integrated Terminal Balongan, maka masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan BBM. “Kami memastikan pasokan BBM kepada masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan,” ujar Eko.

Tinggalkan Komentar