Pertamina Retail Terus Dorong Pembayaran Contactless di SPBU

Img 20211203 Wa0022 - inilah.com
Img 20211203 Wa0022

PT Pertamina Retail bekerja sama Visa terus mendorong masyarakat untuk menggunakan pembayaran contactless dalam setiap transaksi khususnya di SPBU Pertamina.

Direktur Utama PT Pertamina Retail, Iin Febrian menyatakan, transaksi cashless di SPBU mengalami peningkatan sebesar 60 persen di tahun 2021.

Menurut dia, saat ini kebanyakan masyarakat masih banyak menggunakan pembayaran dengan metode swipe atau dip kartu yang mana masih menimbulkan interaksi antara konsumen dan operator SPBU, sehingga beresiko untuk penyebaran virus di musim pandemi seperti ini.

“Dengan adanya metode pembayaran baru melalui kartu contactless yang diinisiasi oleh Visa, kerja sama ini diharapkan juga dapat menjadi upaya dari kedua belah pihak untuk memitigasi penyebaran virus covid-19 terutama di area SPBU COCO Pertamina,” kata Iin dalam keterangan persnya, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga  Menteri ESDM: Target Besar Migas 2030, Investasinya Kurang 'Nendang'

Berdasarkan Studi Visa Consumer Payment Attitudes, sekitar 69 persen masyarakat Indonesia sudah menggunakan pembayaran contactless.

Alasannya, pembayaran contactless dinilai lebih nyaman karena tidak perlu membawa uang tunai (67 persen), mudah digunakan (61 persen), dan aman dari risiko penularan virus (60 persen).

Secara global, transaksi Visa contactless atau tap-to-pay telah bertumbuh lebih dari 30 persen secara year-on-year . Kawasan Asia Pasifik memimpin adopsi pembayaran contactless.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan beberapa negara di Asia Tenggara khususnya Indonesia sistem pemabayaran contactless masih terbilang baru, namun pertumbuhannya sudah cukup meningkat.

Menurutnya, sistem ini sebenarnya sangat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi khususnya di masa pandemi saat ini.

Baca juga  Bandara Kualanamu Bisa Menyaingi Changi dan KLIA

“Belanja harian menjadi lebih cepat dan tidak merepotkan karena konsumen hanya perlu tap untuk membayar contohnya saat mengisi bahan bakar di SPBU COCO Pertamina, tanpa perlu memasukkan nomor pin untuk transaksi yang bernilai rendah,” katanya.

Lebih lanjut, Riko mengatakan pihaknya saat ini menggandeng Pertamina Retail mendorong program ini. Langkah yang dilakukan dengan mulai mengkapanyekan program ini di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Pertamina Retail berawal di Jabodetabek dan Bandung, untuk ikut mendorong masyarakat Indonesia bergabung dengan komunitas global dalam merangkul cara membayar yang nyaman, andal, dan aman ini sebagai bagian dari the new normal,” terangnya.

Baca juga  Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Terjadi Saat Hujan Lebat

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong adopsi pembayaran contactless, Visa dan Pertamina Retail telah menginisiasi kampanye konsumen seperti promosi gratis bensin setahun di 82 SPBU COCO PT Pertamina Retail.

Kampanye ini berlaku bagi pemegang kartu kredit contactless dari seluruh bank penerbit terkait, dengan minimum Rp250.000 per transaksi.

Tinggalkan Komentar