Rabu, 29 Maret 2023
07 Ramadhan 1444

Pertemuan dengan BloombergNEF di London, Anies Diskusi Khusus soal Energi

Senin, 16 Jan 2023 - 08:33 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan mengadakan pertemuan dengan tim peneliti BloombergNEF di London, Inggris. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

Anies Baswedan menggelar pertemuan dengan tim peneliti BloombergNEF di London, Inggris, mendiskusikan soal energi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membagikan momen kunjungan ke BloombergNEF melalui Instagram pribadinya, dikutip Senin (16/1/2023).

“Dalam pertemuan dengan BloombergNEF kali ini mereka secara khusus menjadwalkan diskusi soal energi. Sore itu kami berdiskusi amat serius dan mendalam terkait energi untuk masa depan,” kata Anies.

Anies menyebutkan BloomberNEF membawa peneliti-peneliti utamanya untuk memamerkan hasil penelitiannya terkait masa depan energi yang dirangkum dalam “Bloomberg Energy Outlook”.

Salah satu bahasannya adalah bagaimana sektor energi dapat berkembang, dari segi keekonomisannya dengan implementasi teknologi yang mampu mengurangi biaya dan emisi terhadap konteks masing-masing negara, khususnya Indonesia.

Baca juga
Foto: Anies Hadiri Malam Puncak HUT Jakarta ke-495 di JIS

Menurut Anies, riset yang sangat relevan ini tentunya bisa dijadikan salah satu acuan dalam pembuatan kebijakan transisi energi ke depan. “Tentu harapannya Indonesia juga dapat mengadopsi usulan-usulan yang baik dan berkolaborasi dengan organisasi seperti ini,” ujar Anies.

Bakal calon presiden (Capres) 2024 dari Partai NasDem ini menuturkan  diskusi tersebut menjadi amat kaya dengan pembahasan pengalaman berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Dari sisi mereka, bisa menjelaskan perkembangan terkini yang dilakukan untuk mendorong transisi berbagai negara, menuju penggunaan sumber energi baru terbarukan,” terang Anies.

Dalam rangkaian pertemuan dengan BloombergNEF, Anies mengungkapkan dirinya diundang juga untuk menjadi tamu dan nara sumber pada podcast Bloomberg Switched On. Rekaman dilakukan di salah satu ruang di studio Bloomberg di London. Pewawancaranya adalah Ben Vickers, Chief Editor di BloombergNEF dan salah satu anchor utama di Bloomberg.

Baca juga
Singapura Lewat, Jakarta Raih Emas AICTA 2021 Lewat Aplikasi JAKI

“Kami berbicara tentang green economy, tantangan yang dihadapi oleh negara-negara di belahan selatan dunia di dalam mengkonversi sumber energi non renewable menjadi renewable,” ungkap Anies.

Ia melanjutkan, Jakarta sebagai salah satu model percontohan transportasi umum yang mengadopsi listrik untuk negara berkembang, dan pendanaan green mobility bisa didukung oleh dunia internasional.

“Setelah diskusi yang sangat menarik, kami menyempatkan menikmati gedung Bloomberg yang memiliki konsep arsitektur dengan upaya representasi peduli lingkungan dalam setiap sisi bangunannya,” ungkap Anies.

Adapun hasil rekaman di podcast Bloomberg Switched On, rencananya akan ditayangkan pada awal Februari 2023.

Baca juga
Inilah Alasan Anies Baswedan Temui Jenderal Andika Hingga Habieb Rizieq

 

Tinggalkan Komentar