Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Perubahan Konfigurasi Router Jadi Penyebab Layanan WhatsApp Tumbang

Rabu, 06 Okt 2021 - 01:51 WIB
Perubahan Konfigurasi Router Jadi Penyebab Layanan WhatsApp Tumbang - inilah.com

Facebook memaparkan penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram, yang berdampak ke seluruh pengguna di dunia. Menurut raksasa jejaring sosial itu, penyebabnya adalah karena perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu lintas di pusat data.

“Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami,” tulis Facebook di laman resmi mereka, seperti dikutip Rabu (6/10/2021).

Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp di seluruh dunia sempat tumbang hampir selama enam jam. Saat ini, layanan-layanan tersebut sudah kembali pulih.

Baca juga
Langgar Aturan Privasi, WhatsApp Kena Denda Rp3,8 Triliun

Chief Technology Officer Facebook Mike Schroepfer melalui akun Twitter-nya menyatakan bahwa kemungkinan akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen.

Hasil penelurusan tim Facebook untuk masalah ini, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu lintas pada pusat data atau data center.

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

“Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin dasar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini,” kata Facebook.

Tinggalkan Komentar