Sabtu, 10 Juni 2023
20 Dzul Qa'dah 1444

Pesan Ganjar ke Timnas U-20: Ini Bukan Kiamat, Tetap Semangat!

Kamis, 30 Mar 2023 - 14:32 WIB
Ganjar Pranowo - inilah.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi soal kekecewaan para penggawa timnas Indonesia, usai kepastian dibatalkannya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. (Foto: Antara)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi soal kekecewaan para penggawa timnas Indonesia, usai kepastian dibatalkannya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Harus tetap semangat terus. Ini bukan kiamat. Harus berlatih dan kita harus membangun sepakbola kita dengan serius dengan utuh. Kita kasih semangat mereka, banyak event yang bisa kita siapkan,” kata Ganjar di gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Kamis (30/3/2023).

Ganjar juga mengatakan dirinya masih menunggu surat resmi dari FIFA ke PSSI lewat media. Dia sendiri mengaku kecewa dengan keputusan ini. “Ya kecewa lah kita sudah siapkan sejak awal kok. Kan tinggal beberapa catatan saja yang bisa kita lakukan. Kalau boleh sampaikan, di awal-awal yang berkomunikasi sebelum saya berstatement kepada seluruh kementerian termasuk PSSI adalah peluang-peluang co-host. Sehingga relasi antar negara, konstitusinya terpegang, olahraga berjalan,” jelasnya.

Baca juga
Akademisi: Sosok Cawapres Perempuan Masih Dibayang-bayangi Budaya Patriarki

Diketahui, keputusan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 memantik kemarahan dan kekecewaan yang mendalam, khususnya di kalangan pemain timnas. Mereka pun ramai-ramai melampiaskannya di kolom komentar akun Instagram Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar dianggap para penggawa timnas sebagai dalang dari batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Sebab, FIFA menilai Indonesia telah melakukan diskriminasi terhadap timnas Israel.

Penilaian tersebut adalah buntut dari gelombang penolakan kehadiran timnas Israel. Polemik ini kian parah setelah ada pernyataan dari dua kepala daerah, yakni Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Salah satu penggawa Indonesia U-20 yang terkenal vokal menyuarakan unek-uneknya di media sosial, Hokky Caraka, ikut meramaikan kolom komentar Instagram Ganjar. Hokky tak segan menyebut Ganjar Pranowo sebagai penghancur mimpinya untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang semestinya digelar di enam kota Indonesia.

Baca juga
Jelang Pemilu, KPU Harap Publik Tak Mudah Baper

“Makasih banyak Pak. Oh iya Pak kami tahu nasib bapak sudah terjamin dan masa depan bapak juga sudah bagus. Sedangkan kami, Pak? Kami baru mau merintis karir menjadi lebih baik, tapi batu lompatan kita sudah dihancurkan sama bapak,” beber Hokky di kolom komentar akun Instagram Ganjar @ganjar_pranowo, dikutip Kamis (30/3/2023).

Kiper Timnas U-20 Cahya Supriyadi juga gatal untuk mengomentari Instagram politikus PDIP tersebut. “Terima kasih, Pak. Mimpi anak desa ini yang ingin membela Indonesia di Piala Dunia hanyalah mimpi, pak! Doa kami, bapak sehat selalu. Mimpi anak bangsa ini sia-sia pak,” ucap Cahya.

Sementara itu Marselino Ferdinan menuliskan sindiran halus lewat kalimat bahasa jawa kepada Ganjar.”Sehat-sehat ya pak. Tidak apa-apa pak, saya tidak marah kok. Pokoknya semoga bapak segar dan sehat,” tulis Marselino.

Baca juga
Sinyalkan Merapat ke Ganjar, Zulhas akan Komunikasi Intens dengan PDIP

Robi Darwis dan Arkhan Fikri pun tak ketinggalan. Keduanya turut mengkritik Ganjar yang sempat menolak Israel tampil di Piala Dunia U-20 hingga membuat FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia.

“Terima kasih Pak, orang tua saya tidak bisa cerita ke teman-temannya kalo punya anak yang sangat membanggakan karena bisa main di Piala Dunia,” tulis Arkhan yang kemudian ditimpali Robi Darwis “Bapak puas mengubur impian kita bermain di Piala Dunia U-20!!!?”

Tinggalkan Komentar