Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Petani Lapor Bawang Putih Impor Banjir, Jokowi Langsung Telepon Lutfi

Selasa, 14 Des 2021 - 21:35 WIB
Jokowitelpon - inilah.com
Presiden joko Widodo (Jokowi)

Ada kejadian menarik ketika Presiden Joko Widodo kunjungan kerja di Temanggung, Jawa Tengah. Mendengar keluhan petani bawang soal membanjirnya bawang impor, presiden langsung menelpon Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

“Pak Menteri, ini saya dengan petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih, itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu,” kata Jokowi saat menelepon Mendag Lutfi, dalam keterangan resmi, Selasa (14/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, kebijakan impor bawang berdampak negatif kepada petani. Mereka menjadi malas menanam bawang putih. Berdampak kepada harga bawang putih lokal yang anjlok ketika panen. Karena itu tadi, bawang putih banjir di pasaran dalam negeri. Selanjutnya, Mendag Lutfi berjanji akan segera mengirimkan tim ke Temanggung. “Saya akan kirim tim untuk mengecek,” sahut Mendag Lutfi.

Baca juga
Biayai Proyek IKN, Jokowi Ditantang Potong Uang Pensiun Rp24 Miliar

berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih di pasar tradisional, turun Rp100 menjadi Rp29.250 per kilogram (kg) pada hari ini.

Sementara, rata-rata harga bawang putih di Jawa Tengah tercatat Rp28.800 per kg. Sedangkan rata-rata harga bawang putih di Jawa Timur mencapai Rp22.600 per kg, Jawa Barat Rp28.100 per kg, dan DKI Jakarta tembus Rp34.500 per kg.

 

Tinggalkan Komentar