Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Piala AFF 2020: Menatap Malaysia, Skuad Garuda Punya Kepercayaan Diri Tinggi

Kamis, 16 Des 2021 - 13:10 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Timnas AFF 2020 Foto PSSI.org - inilah.com
Timnas AFF 2020 Foto PSSI.org

Tim nasional sepak bola Indonesia memamerkan fleksibilitas taktik saat menahan juara bertahan Piala AFF, Vietnam, 0-0 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Berkat seni bertahan tingkat tinggi pada laga itu, tim Garuda memiliki peluang besar lolos ke semifinal.

Berbeda dengan dua laga sebelumnya, di mana lini belakang Indonesia selalu kebobolan, kemarin, para pemain Indonesia tampil disiplin dalam bertahan. Menyadari tingginya kualitas Vietnam, favorit juara, Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan timnya untuk tampil ekstra defensif pada laga itu.

Pelatih asal Korea Selatan itu menumpuk pemain belakang dalam formasi 5-4-1. Taktik itu kontras jika dibandingkan dengan melawan Kamboja dan Laos. Pada dua laga sebelumnya itu, Indonesia tampil ofensif dan mencetak banyak gol, yaitu sembilan.

Baca juga
Pesona Pratama Arhan di Media Sosial Terbukti Lebih Nendang dari Andres Iniesta

Hasil imbang itu menjaga posisi Indonesia di puncak Grup B dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga. Mereka unggul selisih gol atas Vietnam, tim peringkat kedua di grup itu.

Pada laga berikutnya. yaitu pada Minggu (19/12), Indonesia akan ditantang Malaysia yang kini menghuni peringkat ketiga dengan enam poin. Indonesia hanya membutuhkan minimal hasil imbang kontra Malaysia guna meraih tiket ke semifinal.

Indonesia kini tengah berada dalam kepercayaan diri yang cukup tinggi setelah bisa menahan imbang Vietnam. Kondisi tersebut menjadi modal bagus bagi Indonesia saat menghadapi Malaysia. Pada laga sebelumnya, Malaysia dibekap Vietnam, 0-3.

Baca juga
Kasus Omicron Bertambah, Total jadi 318 Orang di Indonesia

”Para pemain mengikuti sepak bola dan filosofi yang saya inginkan. Kemampuan para pemain semakin meningkat. Mereka mau berusaha memahami taktik dan tim ini semakin baik. Dengan ini, saya semakin yakin kami akan terus berkembang,” ujar Pelatih Indonesia Shin Tae-yong, mantan pelatih timnas Korsel yang menyingkirkan Jerman pada babak penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018.

Adapun Park menyayangkan hasil imbang yang diraih timnya mengingat mereka bisa terus tampil menekan sepanjang pertandingan. Meski hanya mampu meraih satu poin, Park tak terlalu risau karena merasa masih yakin mampu membawa Vietnam lolos ke semifinal.

Baca juga
Pasien Corona RI Hari Ini Jumat 18 Februari Bertambah 59.635 Kasus

”Malaysia dan Indonesia masih harus bertarung untuk menentukan tempat di semifinal, sedangkan kami akan melawan Kamboja. Saat melawan Kamboja, kami akan bermain bagus guna meraih poin dan lolos ke semifinal,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar