Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Piala Dunia U-20 Dimulai Saat Hari Kebangkitan Nasional

Jumat, 24 Jun 2022 - 13:50 WIB
jakabaring
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring untuk venue Piala Dunia U-20 2023 (Foto Antara)

FIFA resmi merilis jadwal perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Secara sah, kick off Piala Dunia U-20 Indonesia dihelat tepat pada Hari Kebangkitan Nasional yakni 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

“Pada Desember 2020, sebagai konsekuensi dari pandemi COVID-19, biro memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA edisi 2021 dan menunjuk Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menjadi tuan rumah kompetisi pada 2023,” pernyataan resmi FIFA dikutip, Jumat (24/6/2022).

Setelah diskusi dengan PSSI, serta konsultasi dengan semua konfederasi, biro telah mengonfirmasi bahwa turnamen akan dimainkan dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Baca juga
PSSI Pastikan Timnas Lawan Bangladesh pada Laga Persahabatan FIFA

Dalam Piala Dunia U-20 2023 ini setidaknya terdapat 24 negara terbaik dari regional Eropa (5 tim) Afrika, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, dengan masing-masing memilik kuota empat kontestan dan Oceania dengan dua wakil.

Secara tidak langsung, hadirnya keputusan kick off ini tepat setelah bergulirnya inspeksi perwakilan FIFA terhadap beberapa stadion yang dimiliki Tanah Air.

FIFA dan federasi sepak bola Indonesia PSSI melakukan inspeksi ke enam stadion di antaranya Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca juga
Jadwal Lengkap Timnas U-19 di Korea Selatan, Dua Klub K-League 1 Telah Menanti

Agenda FIFA bukan juga merambah sisi akomodasi dan fasilitas lain seperti lapangan latihan dan hotel di enam kota di Indonesia. Mereka memulai safari itu sejak 8-17 Juni lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tak menampik masih terdapat catatan dari FIFA terhadap beberapa fasilitas terkhusus enam stadion yang diinspeksi.

“FIFA udah kembali, kemarin ada acara dinner. Pada prinsipnya kami meminta agar enam venue tetap dipakai, dilihat dari FIFA memang ada yang masih kurang karena memang selama setahun lebih kan tidak terawat,” sebut Iriawan selepas mendampingi sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Kamis (23/6/2022) malam.

Baca juga
Gaji Shin Tae-yong Tertinggi di Asia Tenggara, Mendekati Upah Manajer Klub Liga Inggris

PSSI dan pihak terkait kata Iriawan bakal menindak lanjuti catatan dari FIFA “Oleh sebab itu pasti akan diperbaiki kembali, direvitalisasi,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar