Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Piala Presiden Esports 2022 Jadi Batu Loncatan Atlet Kibarkan Merah Putih di Kejuaraan Dunia

Kamis, 03 Nov 2022 - 06:30 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Foto 3 - inilaaWakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 – Matthew Airlangga memberikan plakat apresiasi kepada Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB Esports Indonesia (PBESI) - Yohannes Siagian (Foto: ist)h.com
Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 – Matthew Airlangga memberikan plakat apresiasi kepada Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB Esports Indonesia (PBESI) - Yohannes Siagian (Foto: ist)

Piala Presiden Esports 2022 akan memasuki acara puncak yang berlangsung secara offline di Istora Senayan, Jakarta, 9 hingga 13 November. Pemenang dari beberapa cabang game berpeluang mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Esports, akhir tahun ini.

Abetnego Tarigan selaku Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP) mengungkapkan bahwa esports sebenarnya memiliki potensi besar dalam menyumbang prestasi bagi Indonesia.

Karena itu, jejak prestasi esports Indonesia perlu diteruskan agar semakin banyak atlet yang bisa mewakili Indonesia dalam berbagai turnamen baik dalam maupun luar negeri.

“Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu,” ujar Tarigan saat mengunjungi Kantor PB Esports Indonesia, Rabu (2/11/2022).

Baca juga
Blokir Masal Platform Game, Kominfo Rugikan Pengembangan Esports Lokal

“Piala Presiden Esports 2022 ini merupakan ajang yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak atlet. Kami berharap jika mereka bisa menyumbangkan berbagai prestasi,” lanjutnya.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PBESI Yohannes P. Siagian mengungkap PBESI juga sedang berfokus dalam membangun ekosistem esports Tanah Air.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan IESF World Championship 2022 sebagai lanjutan dari ekosistem esports yang sedang mereka kembangkan.

“PBESI sendiri juga turut serta dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 ini. Kami juga kini sedang mempersiapkan acara lanjutannya, yaitu IESF World Championship 2022. Secara keseluruhan ini merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang kami coba kembangkan,” ujar Yohannes Siagian.

Baca juga
Moeldoko Sambangi Agate, Pemerintah Serius Dukung Industri Game Lokal

Menjadi sponsor utama dalam perhelatan Piala Presiden Esports empat tahun berturut-turut, Norisa Saifuddin selaku Senior Vice President dari BCA juga berkomitmen untuk terus mendukung esports untuk negeri.

Kami sebagai insan perbankan terpacu untuk terus memberikan dukungan serta ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan minatnya dalam hal esport. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap para peserta dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga dapat menghasilkan performa yang terbaik di kompetisi ini,” ucap Norisa.

Senada dengan Norisa, Director National Business Development Partnership Grab Indonesia Terence Bouman juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kolaborasi yang sudah terjalin.

Dia berharap jika kerja sama antara Grab dan Piala Presiden Esports 2022 dapat terus berlanjut, demi mendukung perkembangan esports Indonesia.

Baca juga
PBESI-IESPA Resmi Umumkan Penggabungan

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang sudah terjalin selama ini. Harapannya adalah kolaborasi ini akan terus berlanjut, untuk dapat berkontribusi mendukung perkembangan esports Indonesia serta mendukung daya saing game tanah air di dunia,” ujar Terence.

Tinggalkan Komentar