Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Pimpin KTT G20, Menko Airlangga Dapat Dukungan Sekjen PBB

Kamis, 27 Okt 2022 - 20:24 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berjabat tangan erat dengan Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto diterima secara hangat oleh Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres di Headquarters of the United Nations, New York, Amerika Serikat, Rabu (26/10/2022). Dukungan terhadap presidensi KTT-G20.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersolidaritas penuh dan mendukung kepemimpinan Presidensi G20 Indonesia. Ini merupakan sebuah pencapaian diplomatik yang luar biasa di tengah kondisi global hari ini,” ujar Antonio Guterres, mengawali pertemuan dengan Menko Airlangga.

PBB mengapresiasi, langkah Indonesia dalam memimpin forum negara-negara G20 untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks. Adapun tema besar penyelenggaraan G20 kali ini adalah “Recover Together, Recover Stronger” yang dimaksudkan untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia pasca pandemi COVID-19.

Baca juga
INILAHREWIND: Anies, Antara Deklarasi dan Jalan Mendaki

Sebagai Presidensi G20, Indonesia mengawal tiga isu prioritas utama yang memerlukan kolaborasi global, yakni mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi.

Terkait isu arsitektur kesehatan global, Menko Airlangga memberikan penjelasan kepada Sekjen PBB, terkait keberhasilan Indonesia dalam mengusulkan Financial Intermediary Fund (FIF) sebagai dana kesiapsiagaan, pencegahan, dan respon terhadap pandemi sebesar US$1,4 miliar.

Dalam melaksanakan peran sebagai Presidensi G20, Indonesia terus melakukan koordinasi kebijakan global yang berkontribusi terhadap tata kelola dunia yang lebih seimbang, membuat G20 lebih adaptif terhadap krisis, dan memperjuangkan kepentingan nasional di forum global.

Baca juga
Foto: Kawal Pemilu 2024, PKB Luncurkan Lembaga Saksi Pemenangan Nasional

“Kita (Indonesia) telah menyelenggarakan lebih dari 440 forum pertemuan yang dilaksanakan menuju perhelatan puncak G20 pada November 2022 mendatang,” ungkap Menko Airlangga.

Tinggalkan Komentar