Pintu Masuk Penerbangan Asing Hanya di 2 Bandara

Pintu Masuk Penerbangan Asing Hanya di 2 Bandara - inilah.com
istimewa

Pemerintah memberikan aturan kedatangan penerbangan internasional yang hanya diizinkan di dua bandara di Indonesia, yakni Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43, Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 dan Surat Edaran Satgas Nomor 18. “Di situ diatur bahwa pintu masuk kedatangan internasional hanya dibatasi di beberapa lokasi,” ujar Aditia Irawati, Juru Bicara Kemenhub.

Kebijakan itu diberlakukan untuk mencegah masuknya varian baru ke Indonesia setelah Covid-19. Diketahui saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah berangsur menurun, sehingga pemerintah terus mengupayakan pandemi tidak ada lagi.

Baca juga  Kasus Aktif di Bawah Satu Persen, Covid-19 di Indonesia Terkendali

Bagi pelaku perjalanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia adalah harus sudah mendapat vaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis. Jika ada warga negara Indonesia (WNI) selama di luar negeri belum mendapatkan vaksin, wajib menjalani karantina saat tiba di Indonesia.

Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) wajib sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis untuk masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, surat bebas Covid-19 berupa hasil tes Rapid Tes/PCR pun menjadi hal yang wajib dimiliki oleh penumpang pesawat dari luar negeri ke Indonesia.

Rapid tes/PCR dilakukan sebanyak tiga kali yakni sebelum terbang ke Indonesia, saat tiba di Indonesia dan saat karantina yang wajib dijalani selama delapan hari.

Baca juga  19 Negara Diizinkan Masuk Indonesia dengan Asas Resiprokal

Tinggalkan Komentar