Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Pipa Air di PLTM Bungbulang Garut Jebol, Satu Bangunan Rusak

Selasa, 29 Nov 2022 - 21:56 WIB
Kebocoran Pipa PLTM Cirompang Garut
Pipa air penyokong daya pembangkit listrik tenaga mikrohido (PLTM) milik PT Tirta Gemah Ripah di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami kebocoran pada Senin (28/11/2022). (foto: tangkapan layar dari video)

Sebuah pipa penyokong daya pembangkit listrik tenaga mikrohido (PLTM) milik PT Tirta Gemah Ripah di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebocoran pada Senin (28/11/2022). Akibatnya, air dari kebocoran pipa itu menyembur ke atas dan menimpa bangunan Power House milik PT Tirta Gemah Ripah.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, terdapat semburan air dalam jumlah besar ke udara. Semburan air itu kemudian menimpa sebuah bangunan di dekat lokasi tersebut.

Kapolsek Bungbulang Inspektur Satu (Iptu) Usep mengatakan, berdasarkan keterangan awal, semburan air itu terjadi diduga karena pipa PLTM milik PT Tirta Gemah Ripah mengalami kebocoran. Diduga, kebocoran itu terjadi karena terjadi pergerakan tanah di wilayah tersebut.

Baca juga
Polres Garut Ungkap Kasus Penyalahgunaan Pengangkutan BBM Subsidi

“Berdasarkan informasi yang kami terima, pipa tersebut berada di tanah yang labil, jadi kejadiannya diduga akibat pergerakan tanah. Pipa itu bocor, menyebabkan air menyembur keluar,” kata Usep saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/11/2022).

Volume air yang besar membuat semburan itu kembali jatuh dan menimpa bangunan milik PT Tirta Gemah Ripah. Akibatnya, bangunan itu mengalami kerusakan.

Usep mengatakan, semburan itu tak sampai berdampak ke permukiman warga. Ia menambahkan, tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Saat ini, pipa yang bocor itu sudah ditutup.

“Begitu kejadian, petugas dari perusahaan langsung berusaha melakukan penutupan pada pipa air itu,” ujar Usep.

Baca juga
Pemimpin Geng Motor Garut Ditangkap Usai Video Konvoinya Viral

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan, kejadian tersebut diduga terjadi karena human error. Ia memastikan, tak ada warga terdampak akibat kejadian itu. Jebolnya pipa tersebut dipastikan tak berpengaruh terhadap aliran listrik di lokasi setempat.

Tinggalkan Komentar