Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Pipa PLTM Bungbulang Jebol, Kerugian Ditaksir Rp2 Miliar

Selasa, 29 Nov 2022 - 22:35 WIB
Penulis : Anton Hartono
Kondisi di lokasi pipa PLTM Bungbulang yang jebol pada Senin (28/11/2022)

Jebolnya pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Cirompang di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengakibatkan kerugian mencapai Rp2 miliar.

Polisi pun masih melakukan penyelidikan atas kebocoran pipa tersebut dan memastikan tidak ada masyarakat yang menjadi korban. Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Bungbulang, Iptu Usep pada Selasa (29/11/2022).

“Perlengkapan Power House PLTMH Cirompang rusak berat, seluruh kerugian belum terdeteksi, diperkirakan Rp2 miliar,” katanya.

Menurutnya, saat terjadi kebocoran pipa terjadi terlihat semburan air seperti air terjun raksasa, warga pun sempat panik. Pihaknya pun langsung menerjunkan anggotanya menuju lokasi pada Senin (28/11/2022) siang kemarin.

Baca juga
Pemimpin Geng Motor Garut Ditangkap Usai Video Konvoinya Viral

Semburan air sempat merusak Power House PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitar pipa. Namun Usep memastikan tidak ada korban dari peristiwa tersebut.

Hasil penyelidikan sementara, kebocoran pipa terjadi karena lokasinya berada di kawasan tanah labil dan juga terjadi pergeseran tanah sehingga pipa tertekan mengakibatkan pipa bocor.

Diketahui, PLTM Cirompang telah beroperasi sejak 17 April 2016 dengan tarif penjualan tenaga listrik sebesar Rp850/kWh dan rata-rata produksi tenaga listrik sekitar 63.72 juta kWh per tahun, telah memberikan kontribusi pendapatan operasional kepada PT Tirta Gemah Ripah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tinggalkan Komentar