Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

PKB-Gerindra Jalin Kerja Sama, Koalisi Semut Merah Jadi Naga Merah

Minggu, 19 Jun 2022 - 10:12 WIB
0618 113612 0d6c Inilah.com  - inilah.com
Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar sepakat membangun kerja sama menghadapi Pemilu 2024. Koalisi Semut Merah yang dijajaki PKB-PKS bisa berubah menjadi Naga Merah jika Gerindra dan Demokrat bergabung. Foto: Instagram @cakiminnow

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendatangi kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jl Kertagana IV, Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (18/6/2022) malam. Imin yang mengaku datang untuk bersilaturahmi, ketika pulang menggelar konferensi pers bersama Prabowo dan keduanya menyatakan telah mencapai kesepakatan untuk kerja sama menghadapi Pemilu 2024.

Kesepakatan kerja sama PKB-Gerindra bisa menambah amunisi Koalisi Semut Merah yang dijajaki oleh PKB dan PKS. Kedua parpol aktif melakukan penjajakan dengan Demokrat, Gerindra, dan NasDem. Waketum PKB Jazilul Fawaid berseloroh bukan tidak mungkin Semut Merah bermutasi jadi Naga Merah.

“Kalau ada nanti tambahan siapa, kan masih banyak. NasDem belum, Demokrat belum, Gerindra belum. Nah, kalau ini tiba-tiba gabung, bukan Semut Merah itu, tapi bisa jadi Koalisi Naga Merah,” kata Gus Jazil, sehari sebelum pertemuan.

Baca juga
Prabowo dan Cak Imin Sepakat Kerja Sama, Gerindra-PKB Koalisi di Pemilu 2024

Imin tiba di Kertagana pukul 17.30 WIB didampingi antara lain, Gus Jazil dan Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. Kedatangannya disambut Prabowo dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani serta Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

“Namanya pemilu sudah tinggal setahun lagi kita silaturahmi,” kata Imin kepada wartawan, ketika disinggung agenda pertemuan itu.

Dia mengaku pula sudah janjian dengan Prabowo untuk bersilaturahmi sejak jauh hari hingga akhirnya bisa terlaksana. Pertemuan tersebut berlangsung cukup panjang, hingga dua jam.

Pertemuan lantas ditutup dengan konferensi pers bersama. Prabowo menyatakan kedua partai telah mencapai pada titik kesepakatan namun belum menyebut secara lugas bakal berkoalisi.

Baca juga
Sandiaga Uno Ungkap Ketidakmampuan Aplikasi PeduliLindungi Sering Down dan Bermasalah

“Kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama bekerja sama untuk menghadapi Pilpres, Pileg, dan Pilkada 2024,” kata Prabowo.

Cak Imin yang berdiri tepat di sebelah kiri Prabowo menimpalinya, “Demi kebangkitan Indonesia raya,” kata Cak Imin yang disambut tepuk tangan para petinggi kedua partai.

Apabila PKB, PKS, Demokrat dan Gerindra sepakat membangun koalisi, bukan tidak mungkin pernyataan Gus Jazil menjadi kenyataan. Koalisi Semut Merah yang dibentuk atas inisiasi partai menengah bakal menjadi Naga Merah karena gabungan suara keempat partai di parlemen cukup besar.

PKB memiliki modal 58 kursi di parlemen (10%) ditambah PKS dengan 50 kursi (8,9%), kemudian Demokrat 54 kursi (9,3%) dan digabung dengan Gerindra 78 kursi (13%), sudah tidak diragukan lagi daya gedornya. “Semoga kerja sama kita ini bisa terus dilaksanakan bersama partai-partai lain, untuk menuju suksesnya Pilpres, suksesnya Pilkada, dan suksesnya Pileg di 2024,” kata Imin.

Tinggalkan Komentar