Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

PKB Jaring Cawapres, Ada Nama Anies hingga Sandiaga Uno

Senin, 13 Jun 2022 - 15:50 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Img 20220523 Wa0000 4 - inilah.com
Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Foto: Antara/HO-Humas MPR RI

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjaring sejumlah nama sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi ketua umum Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden (capres) Pemilihan Presiden 2024. Terungkap, mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno masuk radar PKB.

“Tentu kami mendapatkan masukan dari masyarakat. Kami lihat rekam jejak juga karena kami sudah memastikan Gus Muhaimin capres, tentu saatnya kami mencari cawapres,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Total ada enam nama masuk radar PKB. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga
Lily Wahid, Adik Gus Dur yang Selalu Berani Berbeda

Rekam Jejak dan Pengalaman

Jazilul menilai nama-nama tersebut memiliki rekam jejak dan pengalaman yang mumpuni untuk menjadi cawapres mendampingi Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024.

Menurut Jazilul, PKB akan menawarkan sejumlah nama-nama tersebut kepada parpol lainnya. Parpol ini nantinya akan diajak koalisi dengan PKB untuk menjadi pasangan calon.

“Tentunya kalau kami berkoalisi, kita mengusung pasangan calon, Sehingga harus kami pilih yang memiliki kans memenangi pilpres. Nama-nama tersebut kami yakin bisa dahsyat jika berpasangan dengan Gus Muhaimin yang juga punya basis elektoral kuat, utamanya di kalangan pesantren dan warga nahdliyin,” ujarnya.

Menurut dia, terkait nama-nama yang muncul, Muhamin bahkan sudah menyebut nama Sri Mulyani. Hal itu terlontar saat Cak Imin menjawab pertanyaaan

Baca juga
Selama Janur Kuning Belum Melengkung, Gerindra Tidak Tutup Peluang Koalisi

Wakil Ketua MPR RI itu menambahkan, pihaknya terus melakukan penjajakan koalisi. Selain dengan PKS, juga dengan sejumlah parpol lain, seperti Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

“Terpenting saat ini adalah bagaimana koalisi yang dibangun nanti bisa menang dan ada tujuan bersama untuk kepentingan masyarakat.”

 

Tinggalkan Komentar