Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

PKS dan PKB Makin Mesra, Jagokan Cak Imin dan Habib Salim

Kamis, 09 Jun 2022 - 19:00 WIB
Penulis : Fadly Zikry
PKS PKB koalisi Capres - inilah.com
Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi - dok DPR

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, partainya tidak mempermasalahkan apabila Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ingin menjadi Calon Presiden. Habib Aboe menyatakan Capres yang akan diusung PKS dan PKB akan dievaluasi secara bersama.

“Bagi PKS nggak penting Presiden atau Wapres. Kemudian kita calonkan Capres akan dievaluasi, fit and proper. Kalau Cak Ami cocok, PKS ready dan siap,” kata Aboe Bakar dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Namun begitu, PKS juga mempunyai jago sendiri, yaitu Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri.

Baca juga
Tolak Jokowi 3 Periode, Rakyat Ingin Pemilu Tetap Digelar pada 2024

“PKS siap menokohkan Salim Segaf, kalau PKB sudah jelas Capres Gus Muhaimin. PKS nggak masalah. Kita sadar posisi kita cuma 50 (kursi). Tapi kalau ada satu parpol lagi, akan kelihatan siapa yang naik,” ujarnya.

Sebelumnya, PKS dan PKB berencana akan membuat poros koalisi. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan koalisi PKB-PKS bisa menjadi koalisi ‘Semut Merah’. Ia menuturkan, PKB dan PKS pernah bergabung dalam koalisi Poros Tengah bersama sejumlah parpol berbasis Islam, seperti PAN, PBB, dan PPP pada Pemilu 1999.

“Kalau terjadi koalisi PKB dan PKS, ini sesuatu yang baru, maka akan menjadi magnet bagi partai lain untuk ikut. Minimal partai-partai di luar partai-partai gajah. Ini bisa menjadi koalisi semut merah, kecil tapi berasa,” kata Jazilul.

Tinggalkan Komentar