Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

PKS Minta Pemerintah Singapura Jelaskan Alasan Penolakan UAS

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:33 WIB
UAS dideportasi Singapura - inilah.com
Gedung Parlemen Singapura - ist

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini meminta otoritas Singapura dan pihak terkait menjelaskan alasan penolakan Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut.

“Apalagi UAS seorang ulama dan intelektual terhormat di Indonesia. Jangan sampai ada alasan yang tidak mendasar, like and dislike, dan praduga yang tidak jelas atau tidak ada buktinya,” kata Jazuli melalui keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Jazuli menambahkan, UAS merupakan salah satu ulama yang dihormati umat. Sangat wajar banyak masyarakat yang mempertanyakan kejadian tersebut.

“Ustaz Abdul Somad ini ulama yang dihormati dan memiliki banyak jemaah di Tanah Air. Wajar jika banyak yang mempertanyakan dan memprotes perlakuan otoritas Singapura tersebut,” ujar Jazuli.

Baca juga
PKS Desak Jokowi Lebih Ngotot Lindungi Masjid Al Aqsha dari Agresi Zionis Israel

PKS, sambung Jazuli, akan mempertanyakan secara resmi kepada Duta Besar Indonesai di Singapura terkait insiden tersebut.

“Fraksi PKS akan menanyakan langsung kepada Dubes Singapura di Jakarta melalui Kemenlu. Sehingga ini berlaku bagi siapa saja warga negara kita, bukan hanya UAS,” pungkasnya.

Sebelumnya, UAS melalui akun Instagramnya @ustadzabdulsomad_official mengunggah foto tengah berada di dalam ruangan. Ia menulis berada di ruang 1×2 meter seperti penjara di imigrasi.

UAS sempat ditarik oleh petugas Singapura sebelum akhirnya dipulangkan ke Indonesia bersama keluarganya.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengakui bahwa pemerintah Singapura memang melarang UAS masuk ke negara itu atau berstatus not to land. Namun tidak dijelaskan mengapa UAS di tolak.

Tinggalkan Komentar