Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

PKS: Semua Parpol Berharap Efek Ekor Jas Capres

Senin, 20 Jun 2022 - 15:37 WIB
1655711465757 - inilah.com
Rapimnas PKS bakal menjaring kandidat nama capres sekaligus memantapkan strategi pemenangan Pemilu 2024. Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sedang menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Hotel Grand Sahid Jaya mengakui seluruh partai politik (parpol) di Indonesia sedang aktif menjaring calon presiden (capres). Penjaringan ini dianggap penting karena parpol berharap mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) dari capres.

Sekjen DPP PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi menyebutkan, upaya tersebut juga dilakukan PKS yang sedang memetakan sosok-sosok potensial untuk diusung sebagai capres pada Pilpres 2024. Efek ekor jas menjadi penting karena memberi dampak kenaikan suara bagi PKS pada Pileg 2024.

“Partai juga berlomba mengusung calon presiden potensial yang diharapkan mampu memberikan efek ekor jas, coattail effect, bagi pengusung capres. Kondisi saat ini seluruh parpol sedang melakukan penjajakan dan manuver,” kata Aboe Bakar memberi sambutan dalam acara Rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Baca juga
Indonesia Bersatu Koalisi Paling Konkret Hadapi Pemilu 2024

Aboe Bakar juga mengungkapkan, PKS aktif membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol sekaligus menyiapkan calon anggota legislatif (caleg) untuk disebar di sejumlah daerah pemilihan (dapil) sehingga dapat mendongkrak suara PKS.

“Manuver komunikasi politik bukan hanya membentuk koalisi capres tetapi juga menyiapkan caleg-caleg berkualitas yang akan berlangsung di 80 dapil nasional,” tandasnya.

Rapimnas kali ini, lanjut anggota Komisi III DPR, merupakan upaya PKS konsolidasi setiap jenjang struktur partai untuk memenangi Pemilu 2024. “Ternyata 2024 tidak lama lagi untuk kemudian kita jadikan sebagai rapat pimpinan nasional dengan beberapa alasan,” ujarnya.

Dia juga memastikan PKS akan menghimpun usulan DPW setiap wilayah dalam menentukan kriteria, kandidat capres-cawapres hingga strategi pemenangan. Dengan cara ini, PKS bakal memiliki kesamaan pandangan untuk memenangi Pemilu 2024.

Baca juga
Ratusan Mahasiswa Gelar Demo Tolak Pemilu 2024 Ditunda

“Penyatuan langkah dan strategi pemenangan pilpres kita memanfaatkan karena sisa waktu, ingat, waktu kita tinggal 601 hari. Jadi harus diperhatikan dengan baik,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar