Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

PKS Sodorkan Sejumlah Nama Bakal Capres ke Majelis Syuro

Selasa, 21 Jun 2022 - 16:28 WIB
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu saat konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (21/6/2022). (Foto: Inilah.com/ Safarianshah)
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu saat konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (21/6/2022). (Foto: Inilah.com/ Safarianshah)

Sejumlah nama bakal calon presiden (capres) yang dihasilkan dalam Rapimnas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai telah memenuhi enam kriteria yang disyaratkan. Kini, nama-nama tersebut telah dikantongi dan dibahas oleh Majelis Syuro PKS.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu saat konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (21/6/2022), menyebutkan sejumlah nama kandidat capres telah memenuhi kriteria yang mumpuni, sehingga telah diserahkan kepada Majelis Syuro.

Dia menuturkan, enam kriteria capres yang dibahas dalam Rapimnas, yakni sosok yang memiliki integritas dan rekam jejak yang baik.

Kemudian, mencerminkan figur yang nasionalis religius. Lalu, capres yang hendak diusung juga harus mengantongi dukungan rakyat yang tinggi yang dibuktikan dengan elektabilitas yang memuncaki sejumlah lembaga survei.

Baca juga
Eks Caleg PKS Hina Prabowo dan Kalimantan Berujung Laporan Polisi

Selain itu, Syaikhu juga menerangkan, capres juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

Selanjutnya, kata dia, sosok capres juga diminta berkomitmen untuk mempersatukan komponen bangsa dan bersedia melayani rakyat. “Komitmen menyatukan komponen bangsa dan komitmen melayani rakyat,” pungkasnya.

Diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk menggodok strategi pemenangan, penyusunan kriteria capres-cawapres hingga arah koalisi di Pilpres 2024.

Namun, Rapimnas PKS tak menyebutkan nama-nama bakal calon presiden dan wakil presiden yang hendak diusung dan telah menyerahkan nama kandidat hanya kepada Majelis Syuro PKS.

Baca juga
Demam Manies Bakal Menyebar hingga Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi

“Merespons usulan DPW PKS se Indonesia terkait bacalon presiden dan wapres itu akan disampaikan kepada Majelis Syuro PKS. Baik kandidat internal maupun eksternal. Terkait nama sudah menjadi ranah Majelis Syuro,” kata Syaikhu.

Tinggalkan Komentar