Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

Playoff FIBA Asia Cup: Gulung Suriah, Selandia Baru Rebut Tiket Perempat Final

Rabu, 20 Jul 2022 - 00:25 WIB
Playoff FIBA Asia Cup: Gulung Suriah, Selandia Baru Rebut Tiket Perempat Final
Playoff FIBA Asia Cup: Gulung Suriah, Selandia Baru Rebut Tiket Perempat Final

Selandia Baru sukses melaju ke perempat final FIBA Asia Cup 2022 usai menundukkan Suriah di babak playoff 97-58.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Taine Murray menjadi peraih angka terbanyak Selandia Baru lewat 16 poin, diikuti Flynn Cameron 14 poin, delapan rebound, dan empat assist.

Sam Timmins menambahkan 12 poin, Sam Mennenga mencetak 11 poin, dan Taylor Britt turut menyumbangkan 10 poin serta enam assist.

Dari kubu Suriah hanya ada dua pemain yang mencapai poin dua digit yakni kapten Anthouny Bakar dan Omar Idelbi yang sama-sama mengemas 10 poin.

Kuarter pembuka pertandingan berjalan timpang dan Selandia Baru melenggang unggul 12 poin awal tanpa balas. Suriah memperoleh poin pertama lewat layup Nadim Issa pada sisa waktu lima menit 30 detik.

Baca juga
FIBA Asia Cup 2022: Mengintip Kans Menang Lawan Juara Bertahan Australia

Dalam sisa waktu yang ada, Suriah hanya bisa memperoleh empat poin tambahan lagi sehingga memberi kesempatan Selandia Baru melesat menutup kuarter pertama dengan marjin meyakinkan 25-6.

Ketimpangan berlanjut pada kuarter kedua meski Suriah sedikit memperbaiki akurasi tembakan mereka. Tapi Selandia Baru masih nyaman memegang keunggulan 53-21 saat menyudahi paruh pertama pertandingan.

Marjin yang begitu lebar dimanfaatkan pelatih Pero Cameron untuk merotasi pemain guna memberi kesempatan sejumlah pemain cadangan Selandia Baru untuk melantai.

Pada kuarter ketiga Suriah mengungguli perolehan poin Selandia Baru 17-16, tapi masih tertinggal 38-69.

Selandia Baru menginjak lagi pedal gas mereka pada kuarter pemungkas dengan mengantungi 28 poin tambahan termasuk lemparan tiga angka penutup dari Murray yang mengunci kemenangan telak 97-58.

Baca juga
Bikin Bolden Tak Berkutik, Jadi Kunci Yordania Menang Atas Indonesia

Pelatih Suriah, Javier Juarez, menilai para pemainnya lupa daratan dan tenggelam dalam euforia setelah menang melawan Kazakhstan dalam laga pemungkas Grup C Piala FIBA Asia 2022 pada Minggu (17/7/2022).

“Sejujurnya hari ini kami sama sekali tidak menemukan performa karena kemenangan lawan Kazakhstan telah menempatkan kami di 12 besar negara-negara Asia-Oseania ini,” kata dia dalam jumpa pers setelah pertandingan.

Pada babak perempat final, Selandia Baru sudah ditunggu jawara Grup B Korea Selatan dalam pertandingan yang dijadwalkan berlangsung Kamis lusa.

Tinggalkan Komentar