Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Polandia vs Arab Saudi: Momentum Terbang Tinggi “The Green Falcons”

Sabtu, 26 Nov 2022 - 10:00 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Pemain Arab Saudi mengikuti sesi latihan di Sealine Training Site, Sealine, Qatar, Jumat (25/11/2022). Arab Saudi akan menghadapi Polandia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar, Sabtu (26/11/2022). (Foto: Gettimages/Khaled Desouki)
Pemain Arab Saudi mengikuti sesi latihan di Sealine Training Site, Sealine, Qatar, Jumat (25/11/2022). Arab Saudi akan menghadapi Polandia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar, Sabtu (26/11/2022). (Foto: Gettimages/Khaled Desouki)

Kemenangan bersejarah atas Argentina dalam laga perdana Grup C Piala Dunia Qatar 2022 telah mengubah wajah Arab Saudi. The Green Falcons – julukan Timnas Arab Saudi seperti mendapat energi baru untuk terbang lebih tinggi tatkala jumpa Polandia pada laga kedua mereka di Stadion Kota Pendidikan Ar Rayyan, Sabtu (26/11).

Jika sukses merebut tiga poin atas Polandia, Arab Saudi itu akan mengulangi prestasi terbaik mereka saat melaju ke 16 besar dalam debut Piala Dunia di Amerika Serikat 1994.

Arab Saudi datang ke Qatar sebagai tim dengan peringkat dunia terendah kedua setelah Ghana, yakni di urutan ke-51. Namun, kemenangan 2-1 atas Argentina membuat Arab Saudi tak lagi dipandang sebelah mata. Menurut lembaga survei Nielsen Gracenote, kemenangan itu menjadi kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Hasil itu mengalahkan kemenangan bersejarah 1-0 Amerika Serikat atas Inggris pada penyisihan grup Piala Dunia Brasil 1950. Sebelum melawan Argentina, perkiraan peluang kemenangan Arab Saudi hanya 8,7 persen. Ramalan itu tak berlebihan karena Argentina adalah salah satu kandidat juara dunia, yang tak terkalahkan dalam 36 laga sejak 2019.

Baca juga
Sepak Bola Membutuhkan Lebih Banyak Wasit Perempuan

Arab Saudi pun tak lagi inferior menatap laga selanjutnya. Ada banyak alasan yang membuat Arab Saudi lebih percaya diri. Pertama, dukungan yang jauh lebih besar, tak hanya dari warga Arab, tetapi juga dari rasa solidaritas negara Asia ataupun tim gurem Piala Dunia yang haus dengan kejutan.

Dengan kemenangan atas Argentina, kini semua mata tersorot kepada mereka. Tim lain, termasuk Polandia pasti akan lebih mewaspadai mereka agar tidak terjerumus dalam jurang yang sama seperti Argentina. ”Kami akan bekerja lebih keras daripada laga sebelumnya. Semua orang tahu bahwa laga berikutnya jauh lebih penting,” ungkap gelandang Arab Saudi Sami Al Najei.

Polandia sendiri bernafsu mencapai babak yang sama yang bahkan lebih lama belum direngkuhnya sejak 1986 di Mexico.

Pemain depan Polandia Robert Lewandowski (tengah) mengikuti sesi latihan di Al Kharaitiyat SC, Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022). Arab Saudi akan menghadapi Polandia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar, Sabtu (26/11/2022).
Pemain depan Polandia Robert Lewandowski mengikuti sesi latihan di Al Kharaitiyat SC, Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022). Arab Saudi akan menghadapi Polandia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar, Sabtu (26/11/2022).

Ketika menahan imbang Meksiko, pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz merasa baik-baik saja dengan hasil itu dan taktik bermain yang sangat defensif.

Baca juga
FIFA Resmi Larang Rusia Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

“Hasil laga tersebut tidak menghilangkan peluang maju lebih jauh baik untuk kami maupun Meksiko,” kata Michniewicz seperti dikutip Reuters.

Tetapi sejumlah pemain Polandia merasa tekanan justru semakin besar akibat imbang melawan Meksiko itu.

Sebelum ini mereka mungkin menganggap sebelah mata Arab Saudi, tapi apa yang telah dilakukan Saudi terhadap Argentina membuka mata Polandia bahwa mendapatkan tiga poin dari Saudi pasti sama sulitnya dengan menatap pertandingan terakhir melawan Argentina.

Tetapi apa pun yang terjadi, Polandia harus menang. Lewandowski harus lebih aktif dan lebih berbahaya lagi lawan ketimbang saat menghadapi Meksiko.

Prediksi starting XI

Polandia (5-3-2): Wojciech Szczesny; Nicola Zalewski, Jakub Kiwior, Kamil Glik, Jan Bednarek, Matty Cash; Sebastian Szymanski, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik

Arab Saudi (4-3-3): Mohammed Al-Owais; Mohammed Al-Burayk, Ali Al-Bulaihi, Hassan Al Tambakti, Saud Abdulhamid; Abdulelah Al Malki, Mohammed Kanno, Salman al Faraj; Salem Al Dawsari, Saleh Al-Shehiri, Feras Al Buraikan

Baca juga
China Menyalip di Tikungan Arab Saudi, Bikin Amerika Bete!

Statistik kedua tim

Polandia dan Arab Saudi sudah empat kali bertemu sebelumnya yang semuanya terjadi dalam laga persahabatan dan semuanya Polandia menangkan.

Menurut Nielsen Gracenote, kemenangan 2-1 Arab Saudi atas Argentina dalam pertandingan pertama grup ini adalah kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia, padahal sebelum laga itu mulai peluang menang Saudi yang berperingkat 51 cuma 8,7 persen.

Polandia dan Arab Saudi sama-sama hanya menguasai kurang dari 40 persen distribusi bola pada laga pembuka mereka dalam Grup C. Polandia hanya 39 persen menguasai bola saat imbang 0-0 melawan Meksiko, sedangkan Arab Saudi hanya 31 persen saat menghadapi Argentina.

Tinggalkan Komentar