Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Polisi Janji Transparan Usut Kasus Novia, Bunuh Diri Karena Depresi

Minggu, 05 Des 2021 - 07:59 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Novia Widyasari - inilah.com
Novia Widyasari

Kepolisian Resor (Polres) Mojokerto bersama dengan Polda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan tim khusus mendalami kematian mahasiswi Novia Widyasari (23).

Novia ditemukan meninggal dunia di dekat makam ayahnya di Mojokerto, Jawa Timur. Cerita serta surat wasiatnya sebelum mengakhiri hidup menjadi ramai di Twitter. Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI trending.

Kekasih Novia yang merupakan oknum polisi, RB langsung dijemput untuk dilakukan pemeriksaan.”Masih ada sedang melakukan pendalaman oleh tim Polda Jatim dan Polres Mojokerto. Untuk informasi selanjutnya akan disampaikan lebih lanjut dan saat ini masih didalami,” kata. Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar.

Kematian dari Novia Widyasari menjadi viral di media sosial. Ia yang diketahui merupakan seorang mahasiswi di Universitas Brawijaya (UB), Malang, ditemukan sudah tak bernyawa di atas makam ayahnya yang berada di Dusun Sugihan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada Kamis (2/12) lalu.

Novia meninggal dengan cara bunuh diri, yang diduga motifnya adalah depresi akibat sejumlah masalah, yaitu pemerkosaan dan penganiayaan.

Baca juga
Pemerintah Akan Lakukan Road Test Kendaraan B40 Awal Februari

Pada awalnya, Novia diduga depresi karena sang ayah yang baru meninggal dunia tiga bulan silam. Namun, ada tulisan yang menunjukkan pesan terakhir yang dikirimkan olehnya terhadap sang ibu.

Pada saat itu, Novia menceritakan awal kejadian dibawa oleh sang pacar berinisial RB ke sebuah penginapan. Di sana, ia diberikan obat dan dipaksa meminumnya. Setelah itu, Novia tertidur. Empat bulan pasca insiden di penginapan, ia menyadari telah hamil dan langsung melaporkannya kepada sang kekasih yang merupakan anggota polisi.

Bukannya bertanggungjawab, RB membujuk Novia untuk menggugurkan kandungan. Novia menolak dan mengadu kepada orang tua RB dengan harapan mendapat bantuan.

Baca juga
Kisruh Wadas, Andi Arief 'Sentil' Hasto Sekjen PDIP

Setelah itu, Novia diajak bertemu dengan R dan orang tuanya. Saat itu, pihak keluarga pria mengatakan akan bertanggung jawab dan berbicara dengan ibu korban.

Namun, saat berbicara dengan ibu dari Novia, orang tua RB justru mengatakan tidak bisa secepatnya melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius. Diantara alasannya adalah karena RB memiliki kakak yang belum menikah dan anak laki-laki mereka ini masih dalam tahap awal berkarir.

Ibu dari Novia saat itu tidak mengetahui apa yang dimaksud orang tua RB, demikian dengan kondisi sang putri yang sudah berbadan dua. Hingga satu hari setelah kunjungan itu, rumah Novia seperti dilempar bom, dengan suara keras dan listrik tiba-tiba padam. Kejadian ini berlangsung sekitar dua hari.

Baca juga
Kematian Brigadir J, IPW Khawatirkan Komnas HAM Copy Paste Timsus

Sejak itu, Novia tampak depresi. Dalam beberapa hari terakhir sebelum ditemukan bunuh diri, ia dilaporkan sering berdiam diri di makam ayahnya. Hingga akhirnya, Novia ditemukan meninggal oleh juru kunci makam Dusun Sugihan. Di lokasi, ditemukan satu gawai milik korban, serta satu botol minuman dalam tas plastik berwarna putih.

Tinggalkan Komentar