Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Politik Bebas Aktif Indonesia Undang Ukraina ke G20 Bali

Jokowi Putin Hadiri Ktt G20 - inilah.com
Presiden Jokowi berpose bersama para pemimpin negara G20 di La Nuvola, Roma, Oktober 2021 - ist

Presiden Jokowi resmi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali November 2022 mendatang.

Undangan pun telah disampaikan secara langsung melalui percakapan telepon dengan Zelenskyy.

“Dalam pembicaraan per telepon kemarin, saya mengundang Presiden Zelenskyy untuk hadir di KTT G20,” kata Jokowi dalam pernyataan pers, Jumat (29/4/2022).

Sebelumnya Zelenskyy melalui akun twitternya juga menyampaikan hal serupa. Ia mengucapkan terima kasih telah diundang dalam pertemuan G20 meski Ukraina bukan anggota forum tersebut.

Permintaan mengundang Ukraina ke forum G20 disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Permintaan itu sebagai bentuk ‘protes’ Biden apabila Indonesia tetap mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20.

Baca juga
Satu Lagi Janji Anies Segera Ditunaikan

Amerika dan kawan-kawan mengancam akan walk out saat sidang KTT G20 berlangsung yang dihadiri Putin, bahkan mengancam tidak akan menghadiri KTT G20.

Sebagai negara dengan kebijakan politik luar negeri bebas aktif, Indonesia memilih jalan tengah dengan mengakomodir semua aspirasi dunia internasional di G20.

“Kita paham bahwa G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia, dan kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, pertama pandemi COVID-19 dan yang kedua perang di Ukraina. Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan,” pungkas Jokowi.

Tinggalkan Komentar