Minggu, 07 Agustus 2022
09 Muharram 1444

Polri Tegaskan Tak Ada TWK untuk 57 eks Pegawai KPK

Minggu, 05 Des 2021 - 21:14 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Whatsapp Image 2021 09 15 At 17.56.16 - inilah.com
57 eks Pegawai KPK segera jadi ASN Polri

Mabes Polri memastikan 57 eks pegawai KPK tidak akan menjalani Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) saat menjadi ASN Polri.

Diketahui, 57 eks pegawai didepak dari lembaga anti rasuah karena dianggap tidak lolos TWK. Mereka pun resmi dipecat dari KPK terhitung sejak Kamis, 30 September 2021 lalu.

“Gak ada TWK lagi,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Hal itu pun sesuai dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang pengangkatan 57 eks pegawai KPK menjadi ASN.

Setelah peraturan internal selesai, selanjutnya adalah sosialisasi proses rekrutmen dan penempatan jabatan terhadap 57 eks pegawai KPK bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga
12 Eks Pegawai KPK Akhirnya Batal Jadi ASN Polri

“Selanjutnya disosialisasikan dulu kepada 56 eks pegawai KPK untuk ditempatkan sesuai kompetensi dan selanjutnya dengan BKN untuk mengeluarkan NIP-nya,” tukasnya.

Polri sebelumnya menerbitkan aturan mengenai pengangkatan 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi ASN Polri. Hal itu tertuang di dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

Adapun Perpol itu ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Senin, 29 November 2021. Aturan tersebut pun telah diundangkan sehari setelahnya atau pada 30 November 2021 oleh Kemenkumham RI.

Dedi menerangkan pengangkatan Novel Baswedan Cs kini hanya tinggal menunggu proses sosialisasi bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga
Datangi Mabes Polri, Indra Kenz Bantah Kabar Tersangka

57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta membuat surat pernyataan yang menyatakan dirinya tak terlibat organisasi terlarang sebelum menjadi ASN Polri.

Hal itu termaktub dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

Adapun aturan yang meminta 57 eks pegawai KPK membuat surat pernyataan tak terlibat organisasi terlarang termaktub dalam pasal 6 huruf b Perpol 15/2021 tersebut.

Selain itu, mereka juga diminta membuat surat pernyataan bersedia menjadi PNS.

Lalu, mereka juga diminta menandatangani surat pernyataan setia dan taat kepada pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintah yang sah.

Dalam beleid pasal 6 ayat 5 dijelaskan, bahwa format daftar usulan dan surat pernyataan nantinya akan disiapkan oleh tim yang dibentuk Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia.

Baca juga
Jadi Tersangka, Crazy Rich Indra Kenz Terancam 20 Tahun Bui

Selanjutnya pada pasal 7 Perpol itu dijelaskan, sumber daya manusia dari 57 eks pegawai KPK yang diangkat sebagai PNS sebagaimana pasal 6 akan diberikan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan dilantik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Komentar