Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Ponorogo Digempur DBD, Warga Terpapar Mulai Penuhi Ranjang Rumah Sakit

Sabtu, 15 Jan 2022 - 12:20 WIB
Penulis : Willi Nafie
Ponorogo Digempur DBD Pada Awal Januari 2022

Kabupaten Ponorogo digempur Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Awal Januari 2022. Bahkan 3 pasien yang menjalani perawatan di RSUD dr Harjono Ponorogo meninggal dunia. Ketiga pasien tersebut mengalami trombosit yang turun secara terus hingga akhirnya meninggal.

Humas RSUD dr Harjono Ponorogo S. Joko Handoko menyampaikan saat ini ada 32 pasien DBD yang masih menjalani perawatan medis. Jadi dari total 186 bed yang tersedia, sebanyak 32 ranjang rumah sakit terisi oleh pasien DBD.

“Ada juga pasien dari Slogohimo, Wonogiri kita menerima pasien dari luar kota,” kata Joko, Sabtu (15/1/2022).

Kondisi Kabupaten Ponorogo digempur DBD itu juga tampak terlihat di RSU Aisyah. Pihak Humas, Muhammad Arbain mengakui terjadi lonjakan tajam jumlah pasien DBD. Terdapat 23 pasien yang masih menjalani perawatan. Bahkan 3 pasien masih anak-anak. Kondisi para pasien DBD tampak lemas sehingga perlu penanganan lebih lanjut.

“Beberapa hari kita rujuk ke RS lain. Betul-betul penuh,” tutup Arbain.

Baca juga
AHY Dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto

Seperti yang kita ketahui bersama, DBD merupakan penyakit mudah menular. Penyakit ini berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua nyamuk penyebab DBD itu biasanya menginfeksi seseorang di pagi sampai sore hari menjelang petang.

Penularan terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue. Lalu nyamuk kembali menggigit orang lain dan virus itu tersebar.

Tinggalkan Komentar