Sabtu, 28 Januari 2023
06 Rajab 1444

Popularitas dan Elektabilitas Tinggi, Anies Tiga Besar Capres Potensial versi Indekstat

Minggu, 06 Nov 2022 - 20:47 WIB
Rilis survei opini publik Indekstat
Rilis survei opini publik Indekstat Research and Data Science dengan tema “Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional: 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024’ di Jakarta, Minggu (6/11/2022). (Foto: Inilah.com/ Safarian Shah)

Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan digolongkan ke dalam tiga besar bursa calon presiden potensial yang bakal bertarung di Pilpres 2024 dengan mengantongi tingkat popularitas dan elektabilitas yang relatif tinggi bersama dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno

Hal ini diungkap dalam survei yang dirilis Indekstat Research and Data Science di Jakarta, Minggu (6/11/2022). Dalam kategori tingkat popularitas dan likeability tokoh, tiga besar yang paling populer di mata masyarakat yang dikenali dari tatap muka maupun melalui media publikasi, yaitu Prabowo, Anies, dan Sandiaga.

“Prabowo 96,5 persen, Anies 86,7 persen, Sandi Uno 84,3 persen, Ganjar 77,4 persen, dan Ridwan Kamil 76,7 persen,” kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat, Rikola Fedri.

Baca juga
Formula E Jakarta Dimulai Hari Ini, Nama Anies Langsung Mendunia di Twitter

Kemudian, Rikola mengungkapkan, Indekstat juga memotret kemungkinan simulasi bila pilpres dilakukan hari ini, maka top of mind yang berada di benak masyarakat mengarah kepada tiga nama yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Maka, ketiganya akan menjadi figur yang masuk ke bursa teratas dan mencatatkan namanya dalam pertarungan calon presiden.

“Ganjar 16,5 persen, Prabowo 11,6 persen, dan Anies 9,9 persen. Tetapi undecided voters-nya besar, yaitu berada di angka 49,2 persen,” ujarnya.

Lalu, Indekstat juga mensimulasikan bila pilpres dilakukan secara tertutup dan diikuti 12 kandidat calon presiden, maka tiga besar ini tak tergantikan bahkan tak tergeser dengan calon presiden lainnya.

“Bila dikerucutkan 12 nama, Ganjar 27,2 persen, Prabowo 21,5 persen, dan Anies 17,0 persen. Tapi undecided voters 11,1 persen,” kata Rikola.

Baca juga
Foto: JPO Phinisi Spot Wisata Gedung Pencakar Langit Ibu Kota Jakarta

Namun, dalam rilis survei Indekstat dalam kategori elektabilitas, Ganjar Pranowo mengantongi sekitar 28,1 persen dan disusul dengan Prabowo Subianto yang memperoleh 22,1 persen, kemudian Anies Baswedan menyusul dengan perolehan elektabilitas sebesar 17,3 persen.

“Peta konstelasi elektoral calon presiden hari ini menunjukkan bahwa jika pemilihan umum (pemilu) diadakan sekarang, tidak ada perubahan yang cukup massif terjadi terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang ada. Ganjar, Prabowo dan Anies masih menjadi tiga kandidat terkuat dengan elektabilitas tertinggi saat ini,” ungkapnya.

Diketahui, Lembaga survei Indekstat Research and Data Science merilis survei opini publik dengan tema Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional: 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024.

Baca juga
Batal Deklarasi Bersama, Koalisi Perubahan Pastikan Tetap Usung Anies

Survei digelar medio 10-19 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling dan dengan catatan margin of error sekitar 2,8 persen.

Para responden dilakukan wawancara secara tatap muka untuk menakar peta elektoral kandidasi Pilpres 2024 mendatang.

Tinggalkan Komentar