Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Poros Perubahan Diuntungkan Anies, Kecipratan Popularitas hingga Ungguli Survei

Selasa, 25 Okt 2022 - 19:02 WIB
Anies Paloh - inilah.com
Anies Baswedan dan Surya Paloh saat deklarasi Capres 2024 Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). (Foto: Inilah.com/Agus Priatna)

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai koalisi Poros Perubahan (NasDem-Demokrat-PKS) sedikit diuntungkan dengan pencapresan Anies Baswedan.

Berdasarkan, hasil survei Litbang Kompas pada periode Oktober 2022, menunjukkan tiga partai tersebut mengalami lonjakan elektabilitas.

“Ya itu artinya bisa saja memang faktor Anies efek itu lumayan untuk apakah lebih besar ke NasDem kuartal efeknya atau ke Demokrat atau PKS. Tapi itu kan positif untuk partai tersebut,” kata Pangi saat dikonfirmasi, Selasa (25/10/2022).

Survei Litbang Kompas menunjukkan Koalisi Poros Perubahan mengalami gelombang pasang elektabilitas yang cukup signifikan. Sebut saja, Partai Demokrat mengalami kenaikan drastis dari angka 4,7 persen menjadi 14 persen. Kemudian PKS dari 5,3 persen menjad 6,3 persen, sedangkan Partai NasDem 3,1 persen menjadi 4,3 persen.

Baca juga
Liga Arab Saudi Siap Bayar Mahal Cristiano Ronaldo

“Tokoh atau kandidat yang diusung oleh ketiga partai ini menjadi keberkahan terhadap peningkatan atau bersifat signifikan terhadap lonjakan elektoral partai pengusung,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini.

Pangi tak menampik poros NasDem, Demokrat, dan PKS terbukti memiliki tingkat soliditas yang cukup tinggi. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang menjadi milik ketiga partai.

“Namun yang jelas NasDem sudah punya kandidat tapi koalisinya belum terbentuk, tapi kemudian kalau melihat gelagat politiknya ada chemistry, di mana hubungan mereka akhir-akhir ini komunikasi mereka makin intens dan positif ya mungkin saja,” terangnya.

Tinggalkan Komentar