Positif Rate Masih Tinggi di Enam Daerah Luar Jawa

Positif Rate Masih Tinggi di Enam Daerah Luar Jawa - inilah.com
istimewa

Ada enam daerah di luar Jawa yang masih tinggi positif ratenya di atas 5 persen. Dimana saja daerah tersebut?

Pada akun instagram @pandemictalk, Kamis, (16/09/2021), Kalimantan Utara memiliki positif rate 11,85 persen, Aceh 11,22 persen, Bangka Belitung 7,39 persen, Sulawesi Tengah 6,69 persen, Sulawesi Barat 5,82 persen, dan Kalimantan Barat 5,36 persen.

Meski begitu, terlihat dari laporan harian satgas covid-19, rasio positif harian di Indonesia mencapai 2,14 persen. Jika dikalkulasi ada sebanyak 120.529 orang yang diperiksa dan hanya 2.577 orang yang dinyatakan positif.

Artinya, angka tersebut menjadi catatan rekor kasus harian terendah di Indonesia selama pandemi melanda tanah air.

Baca juga  DKI Siapkan Beasiswa untuk 28 Anak-Anak Nakes yang Meninggal

Rasio kasus positif tersebut sangat jauh dari ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu sebanyak 5 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut kasus Covid-19 di Indonesia secara nasional mengalami penurunan selama delapan minggu berturut-turut.

Wiku menyebut, kasus pada minggu ini telah turun sebanyak 88,9 persen dibandingkan dengan lonjakan kedua.

“Kasus nasional Covid-19 di Indonesia telah turun selama delapan minggu berturut-turut.Bahkan minggu ini telah turun sebanyak 88,9 persen dibandingkan dengan lonjakan kedua dan mendekati titik kasus terendah pada 10 Mei lalu,” kata Wiku saat konferensi pers virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga  Obat-Obatan COVID-19 Sudah Diproduksi dan Segera Masuk Indonesia

Wiku menambahkan, adanya gerak cepat pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19 menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan itu.

Salah satu kebijakan untuk penanganan covid-19 yang terus diterapkan adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level.

Kini, Jawa-Bali telah ditetapkan PPKM level 3 dan mulai terjadi perlonggaran di berbagai sektor.

Tinggalkan Komentar