Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Potensi Banjir Besar dan Badai Dahsyat, Ini Tips Siap Hadapi Cuaca Ekstrem

Rabu, 28 Des 2022 - 12:46 WIB
Warga beraktivitas memakai payung saat hujan gerimis turun di Kawasan Slipi, Jakarta, Kamis (8/9/2022). (Foto: Inilah.com/Didik Setiawan).
Warga beraktivitas memakai payung saat hujan gerimis turun di Kawasan Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (8/9/2022). (Foto: Inilah.com/Didik Setiawan).

Peneliti klimatologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Erma Yulihastin melalui twitter pribadinya @EYulihastin menyebutkan akan ada cuaca ekstrem terjadi hujan ekstrem dan badai, berdasarkan data sistem peringatan dini bencana berbasis satelit, Sadewa.

Bagi masyarakat yang sedang bermobilitas diimbau untuk selalu waspada menghadapi peningkatan cuaca. Apalagi, cuaca ekstrem sangat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang di tengah musim hujan dan badai yang terjadi.

Menurut keterangan dalam laman pusat krisis kesehatan Kemenkes RI, ada beberapa penyakit saat musim hujan yang umumnya banyak masyarakat alami. Penyakit tersebut di antaranya adlah flu, batuk, diare, demam berdarah dan lainnya.

Dalam hal ini, manusia begitu sensitif terhadap perubahan suhu. Sehigga saat terjadi perubahan musim atau cuaca ekstrem seperti ini, tubuh akan menjadi lebih rentan terkena penyakit karena sistem imun tubuh yang melemah.

Lebih lanjut, pantauan inilah.com menghimpun beberapa tips untuk siap hadapi cuaca ekstrem seperi badan dan hujan yang mengakibatkan banjir.

Baca juga
Banjir Rendam Seoul Tewaskan 8 Orang

Jaga Imun Tubuh

Berdasarkan rekomendasi dari Kemenkes RI, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga imuntias tubuh selama musim hujan. Cara ini juga bisa anda lakukan saat cuaca ekstrem sedang berlangsung.

1. Mencuci tangan dengan sabun dan gunakan hand sanitizer. Cara ini dianggap bisa meminimalisir risiko infeksi virus dan bakteri yang berkembang selama musim hujan.

2. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Hal ini dikarenakan virus flu umumnya masuk melalui mata, hidung, dan mulut dari telapak tangan yang kotor.

3. Lindungi diri dari air kotor atau kubangan air yang kotor. Dua hal tersebut merupakan sumber penyakit diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur.

4. Upayakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh yang mungkin goyah.

Baca juga
BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terus Berlanjut hingga Sepekan ke Depan

5. Bersihkan rumah, selokan, saluran air, dan tempat lainnya untuk mencegah nyamuk berkembang biak demi mencegah demam berdarah.

6. Mengonsumsi vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh per hari.

Selain itu, melansir Well a Health, dalam menjaga imun tubuh bisa anda lakukan dengan mengonsumsi sayur, buah dan sumber makanan lain yang bergizi. Sayuran yang memiliki antioksidan tinggi seperti bayam bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Produk lain seperti susu, keju, dan yogurt dengan asam linoleat dan probiotik juga bisa membantu melindungi tubuh dari infeksi. Anda pun bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D tinggi. Jangan lupa untuk selalu penuhi asupan cairan dengan meminum banyak air.

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Badai dan Hujan

Sementara itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan beberapa hal yang perlu anda lakukan usai badan dan hujan berlangsung.

Baca juga
Tips Bedakan Ruam Cacar Monyet, Cacar Air, dan Kudis

1. Menjauhi jalur yang mengalami banjir. Upaya ini bisa anda lakukan dengan mengecek area mana saja yang tengah banjir. Dalam hal ini, sebaiknya anda tidak mengemudikan motor maupun mobil dalam kondisi ini.

2. Gunakan jaket pelampung jika anda sedang berada di dekat area banjir yang tinggi. Hal ini guna menghindari air yang mungkin saja bisa tiba-tiba naik.

3. Hindari penggunaan perangkat elektronik dalam keadaan basah dan hindari arus listrik utama. Khawatir akan ada potensi konslet yang berkaitan dengan listrik.

Tinggalkan Komentar