Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Potret Museum Sumpah Pemuda di Jakarta

Kamis, 28 Okt 2021 - 21:38 WIB
Potret Museum Sumpah Pemuda di Jakarta - inilah.com
Warga melihat koleksi diorama Museum Sumpah Pemuda di Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021) (Inilah.com)

Meski Museum Sumpah Pemuda sudah ditutup untuk umum sejak Rabu (27/10/2021), namun penjaga memberikan kelonggaran bagi warga yang sudah terlanjur mengunjungi museum pada hari ini (28/10/2021) tepat di Hari Sumpah Pemuda. Dengan catatan melakukan check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan.

Telihat beberapa warga yang datang ingin mengaku ingin mempelajari dan melihat museum sumpah pemuda.  karena museum tersebut menyimpan berbagai koleksi yang dapat membrika informasi mengenai peristiwa bersejarah hari sumpah pemuda.

Museum memiliki salah satu koleksi berbentuk diorama yang menggambarkan peristiwa Ikrar Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. Kongres ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Baca juga
Ketum PP Muhammadiyah Minta Pemuda Jadi Pelopor Perekat Persatuan