Jumat, 30 September 2022
04 Rabi'ul Awwal 1444

PPP Susun Skenario Anies-Khofifah, Demokrat Dorong Anies-AHY

Rabu, 20 Jul 2022 - 18:05 WIB
Img 20220718 190947 - inilah.com
Tingginya elektabilitas Anies disadari banyak partai politik. PPP ingin menduetkan Khofifah dengan Anies, Demokrat mendorong Anies-AHY. Foto: Antara

PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengakomodasi usulan pengurus daerah yang ingin memasangkan Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. Sementara Demokrat ingin menduetkan Anies yang menjadi kandidat capres dari NasDem dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengungkapkan, adanya usulan dari pengurus PPP di Jatim yang mengaspirasikan agar Partai Kabah memasangkan Khofifah dengan Anies. Arsul menegaskan, PPP yang solid dalam KIB, menyambut baik aspirasi tersebut, karena dimunculkannya nama-nama kandidat capres-cawapres dari awal akan memberi ragam alternatif untuk ditawarkan kepada publik.

“Ada juga Anies-Khofifah, saya lihat kemarin ada sejumlah teman di PPP Jawa Timur mengusulkan itu juga. Enggak apa, makin bagus,” kata Arsul, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Arsul melanjutkan, sejauh ini KIB yang terdiri atas Golkar, PAN dan PPP belum membahas kandidat capres-cawapres kendati jumlah kursi gabungan ketiga parpol sudah mengamankan tiket untuk mengusung pasangan calon (paslon). KIB masih membahas platform untuk disepakati bersama sebelum menawarkannya kepada kandidat capres-cawapres.

Baca juga
Khofifah Upayakan Hunian Sementara untuk Pengungsi

“KIB ketika kemudian bicara dengan calon-calon potensial untuk menjadi paslon, itu kan kita ingin sampaikan, ini lho kita terbuka untuk mendukung Anda, tetapi ini lho yang kita inginkan,” tutur Arsul.

Upaya memasangkan Anies juga datang dari Partai Demokrat yang menunjukkan gelagat ingin merapat dengan NasDem. Waketum Demokrat, Benny Harman bahkan menyebutkan Ketum NasDem Surya Paloh mendorong AHY untuk maju dalam pilpres asalkan tidak ngoyo.

Benny juga menyinggung Surya Paloh punya andil memenangkan SBY dalam Pilpres 2004. Artinya Demokrat dengan NasDem memiliki hubungan historis yang baik dan berpeluang untuk menjalin kerja sama.

Baca juga
Elektabilitas Jeblok, Anak Pendiri PPP Minta Elite Partai Perbaiki Kondisi

“Berulang kali juga Pak Surya Paloh memotivasi dan mendorong Mas AHY untuk maju dalam Pilpres ini, soal jadi atau tidak itu soal nanti. Yang penting beliau ingatkan, jangan ngoyo, biar seperti air mengalir,” tuturnya.

Secara terpisah, Kepala Bakomstra PD Herzaky Mahendra Putra juga mengungkapkan AHY memiliki hubungan baik dengan Surya Paloh. Selain membangun komunikasi dengan NasDem, Demokrat juga berkomunikasi dengan PKS dan Anies Baswedan.

Herzaky lantas mengatakan partainya sudah menjalin komunikasi dengan NasDem dan PKS, termasuk dengan Anies Baswedan.

“Sejauh ini, kami merasa nyaman dengan Partai NasDem dan PKS, memiliki komunikasi yang baik dengan Saudara Anies Baswedan, dan ada kesamaan pandangan dalam berbagai hal,” ucapnya.

Baca juga
Kutuk Pembakaran Alquran, PPP: Putus Hubungan Kerja Sama dengan Swedia dan Denmark

 

 

 

Tinggalkan Komentar