Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Prabowo Ajak Menlu Tingkatkan Kerja Sama Militer Internasional

Prabowo Menlu kerja sama militer - inilah.com
Menhan Prabowo menemui Menlu Retno Marsudi di Ruang Kerja Menlu, Jakarta, Jumat (8/4/2022) membahas kerja sama internasional dengan negara-negara sahabat melalui strategi diplomasi Indonesia - instagram/kemhanri

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana akan terus meningkatkan kerja sama militer dengan negara-negara sahabat.

Untuk mewujudkan hal itu, Prabowo menegaskan pentingnya peran Kementerian Luar Negeri untuk memperkuat pertahanan nasional melalui diplomasi dan membangun kerja sama dengan negara lain.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut saat mengunjungi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat (8/4/2022) lalu.

“Dengan cara tersebut diharapkan dapat mendorong pencapaian kepentingan nasional, selaras dengan aspek ketahanan nasional dan pertahanan negara,” kata Prabowo, Ahad (10/4/2022).

Prabowo menekankan pentingnya sinergi antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca juga
Kasus Suap Walkot Bekasi, 3 Lurah Diperiksa KPK

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berharap sinergi antara Kemhan dan Kemlu dalam mewujudkan prioritas politik luar negeri Indonesia dapat memperkuat peran Indonesia dalam ekosistem perdamaian dan stabilitas keamanan dunia.

“Kemlu akan turut melaksanakan pendekatan komprehensif dalam membantu penanganan isu keamanan terkait kejahatan transnasional seperti illegal fishing, drugs trafficking, terrorism movement, penyelundupan senjata, hingga perdagangan manusia internasional,” kata Retno.

Sebelumnya, pada Kamis (7/4/2022), Prabowo juga mengunjungi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk membahas soal dukungan program menjaga kedaulatan NKRI yang ditinjau dari tantangan dan dinamika geopolitik.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mendapat dukungan Sri Mulyani dalam meningkatkan ketahanan dan pertahanan Indonesia. [fad]

Tinggalkan Komentar