Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Presiden akan Lantik Lima Dubes Baru

Rabu, 26 Des 2007 - 21:02 WIB
Penulis : Margawati Rahayu Simarmata

INNChannels, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik lima duta besar baru yang akan bertugas di negara-negara sahabat.

Kepada INNChannels, Rabu (26/12) di Jakarta, Jurubicara Departemen Luar Negeri J Kristiarto mengatakan bahwa duta besar yang akan dilantik itu adalah Sanusi (Libya), Iwan Wiranataatmaja (Iran), Yuli Mumpuni (Aljazair), Sukarni Sikar (Senegal), dan Albert Palembangan (Venezuela).

Menurut Kristiarto, kelima duta besar ini adalah para duta besar yang sudah menyelesaikan urusan administrasi dan telah mendapatkan persetujuan atau akreditasi dari negara yang akan menjadi tempat tugasnya.

Sementara, beberapa nama mantan pejabat yang telah menjalani fit and proper test duta besar di Komisi I DPR-RI pada 26-27 November lalu, belum termasuk dalam daftar calon dubes yang akan dilantik besok.

"Setelah menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya akan memintakan persetujuan atau akreditasi dari negara yang dituju. Jika akreditasi itu sudah diberikan dan disampaikan kepada Pemerintah Indonesia, barulah masuk dalam tahapan selanjutnya yaitu pelantikan" kata Kristiarto.

Para mantan pejabat tinggi dan anggota DPR yang akan mendapatkan tugas baru sebagai Duta Besar itu antara lain Andi Muhammad Ghalib, Hamid Awaluddin, Da'i Bachtiar dan Abdurrahman Saleh. Nama-nama ini belum termasuk dalam daftar pelantikan Dubes besok.

Pelantikan kelima Duta Besar baru ini akan berlangsung di Istana Negara, pukul 14.00 dengan dipimpin oleh Presiden SBY, dan rencananya dihadiri oleh Wakil Presiden JK, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan para undangan lainnya. [L1]