Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Presiden Sri Lanka Bakal Segera Tunjuk PM dan Kabinet Baru

Kamis, 12 Mei 2022 - 16:46 WIB
Presiden Sri Lanka
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa (ist)

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan pada Rabu (11/5/2022) bahwa dia akan menunjuk perdana menteri dan kabinet baru pekan ini, setelah kakak laki-lakinya, Mahinda Rajapaksa, mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri menyusul kekerasan mematikan di negara itu.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (12/5/2022), perdana menteri dan kabinet baru akan memimpin mayoritas di parlemen dengan 225 kursi, kata Gotabaya Rajapaksa, seraya menambahkan dia akan membawa reformasi konstitusi untuk memberikan lebih banyak kekuasaan kepada parlemen.

“Saya mengambil langkah-langkah untuk membentuk pemerintahan baru untuk mengendalikan situasi saat ini, untuk mencegah negara jatuh ke dalam anarki serta untuk mempertahankan urusan pemerintahan yang terhenti,” katanya.

Pernyataan presiden mengikuti komentar dari gubernur bank sentral Sri Lanka pada hari sebelumnya, yang mengatakan dia akan mundur dalam beberapa minggu kecuali stabilitas politik dipulihkan.

Baca juga
PM Sri Langka Mundur Usai Demo Besar-Besaran Akibat Krisis Ekonomi

P Nandalal Weerasinghe, yang ditunjuk sebagai kepala bank sentral bulan lalu untuk membantu negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu menemukan jalan keluar dari krisis ekonomi terburuknya dalam sejarah, mengatakan pemerintah yang stabil sangat penting untuk menghentikan gejolak tersebut.

“Saya telah dengan jelas mengatakan kepada presiden dan pemimpin partai politik lainnya bahwa jika stabilitas politik tidak tercapai dalam dua minggu ke depan, saya akan mundur,” kata Weerasinghe kepada wartawan.

“Tanpa stabilitas politik, tidak masalah siapa yang menjalankan bank sentral, tidak akan ada cara untuk menghentikan kemerosotan ekonomi,” lanjutnya.

Tinggalkan Komentar